Ketua KNPB Wilayah Mnukwar Alexander Nekenem ditangkap polisi di Manokwari.

Polda PB Nyatakan Pemeriksaan Aktivis KNPB Sesuai Prosedur

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Polda Papua Barat menyatakan pemeriksaan terhadap sejumlah aktivis Komite Nasional Papua Barat yang ditangkap polisi pekan lalu di wilayah Amban, Manokwari sudah sesuai prosedur.

Direktur LP3BH Manokwari Yan Christian Warinussy baru-baru meminta Polda dan Polres Manokwari untuk menjelaskan alasan pemeriksaan puluhan aktivis KNPB yang dilakukan di Markas Brimob.

Ia juga menilai pemeriksaan terhadap aktivis KNPB tersebut berlebihan dan belum ada dasar yang tepat. Pihak keluarga sebut Warinussy juga merasa kesulitan membesuk sejumlah tersangka yang sedang ditahan di Mako Brimob.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua Barat Ajun Komisaris Besar Polisi Jhon Sitorus mengatakan tidak ada prosedur yang dilanggar polisi jika melakukan pemeriksaan terhadap aktivis KNPB di Mako Brimob.

“Itukan (Mako Brimob) polisi juga. Apanya yang salah dan apa yang kita langgar. Saya kira tidak ada masalah,” kata Jhon kepada wartawan Sabtu pekan lalu. Menurut Jhon pemeriksaan dapat dilakukan dimana saja asalkan tempat tersebut adalah tempat kepolisian.

John menambahkan, terkait dengan akses keluarga yang susah dalam menbesuk para tersangka, dirinya menegaskan semua jadwal untuk membesuk tersangka telah dijadwalkan sesuai dengan aturan.

“Kan ada jam besuk. Jam berapa besuk silahkan saja besuk, itu hak mereka, tapi ada ndak jam besuk malam, kan tidak ada. Dan dia harus patuhi hal itu,” tegasnya dia.

Pekan lalu polisi menangkap puluhan aktivis KNPB di Amban Manokwari. Setelah diperiksa 4 orang kemudian ditetapkan sebagai tersangka. | ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan