Kapolda Papua Barat memimpin upacara serah terima jabatan Wakapolda Papua Barat dari dari Kombes Pol Drs Imam Margono kepada Kombes Polisi Drs Peitrus Waine, Selasa (29/9). 4 Kapolres baru dijajaran Polda Papua Barat juga melakukan serah terima jabatan pada hari yang sama. (Doc. Cahayapapua).

Polda PB Siapkan Personil untuk 9 Kabupaten

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Polda Papua Barat siap membantu mengamankan sembilan kabupaten di Papua Barat yang hendak melakukan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember mendatang.

Hal ini yang disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat, Kombes Pol Pietrus Waine kepada wartawan, Senin (19/10/2015) siang.

“Kekuatan yang sudah kami siapkan tiap polresnya 230 personil dari Polda Papua Barat,” ucap Waine usai mengikuti peresmian kantor Gubernur Papua Barat.

Dia juga mengatakan untuk pengamanan Tempat Pemilihan Suara (TPS), pihak kepolisian akan mulai mengamankan TPS-TPS terjauh dengan menempatkan personilnya beberapa hari jelang hari pencoblosan.

Selain itu untuk mengantisipasi pelaksaan pilkada agar berjalan aman dan lancar, dirinya menjelaskan, pihak kepolisian telah melakukan Operasi Cipta Kondisi. Ini bertujuan mencegah penyakit-penyakit masyarakat, sehingga pada pelaksanaannya dapat berjalan lancar.

“Kesiapan personil semua sudah dilatih, jadi setiap anggota Polri sudah bisa bertindak dengan tepat tanpa mengundang resiko,”jelasnya.

Waine juga mengimbau agar penggunaan dana Pilkada yang diberikan oleh tiap kabupaten kepada Polres setempat, kiranya dapat dipertanggungjawabkan sesuai Peraturan Presiden Nomor 70 tentang Pengadaan Barang dan Jasa serta Pengadaan Fisik.

Diketahui untuk Provinsi Papua Barat terdapat sembilan kabupaten yang akan melaksanakan pilkada serentak, di antaranya Kabupaten Manokwari, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Kaimana, Fakfak, Teluk Wondama, Teluk Bintuni, Raja Ampat, dan Sorong Selatan. |ADITH SETYAWAN|BUSTAM