Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Royke Lumowa.
Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Royke Lumowa.

Polda PB Siapkan Tim Cyber Cegah Konflik Pilkada

MANOKWARI, Cahayapapua.comKepala Kepolisian Daerah Papua Barat Brigjen Pol Royke Lumowa menyiapkan tim patroli cyber untuk menekan potensi konflik pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2017.

Ditemui di Manokwari, Minggu, Kapolda mengatakan,  perkembangan media sosial cukup laju dan tidak dapat dibendung. Dari sekian pengguna jasa media sosial tersebut ada yang memanfaatkanya untuk hal-hal yang bersifat positif ada pula yang negatif.

Dia berharap, publik Papua Barat tidak memanfaatkan jasa media sosial untuk kegiatan negatif serta mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di daerah tersebut.

“Apalagi pada momentum Pilkada seperti ini, medsos sebaiknya dimanfaatkan untuk mendorong partisipasi warga dalam pemilu. Bukan untuk menjatuhkan, provokasi dan menjelekan orang lain,”kata dia.

Dia menjelaskan, Indonesia memiliki aturan untuk menangkal acount media sosial yang dianggap berbahaya bagi stabilitas keamanan dan ketahanan negara.

Kapolda pun mengajak seluruh penyelenggara pemilu serta pihak TNI untuk sama-sama memantau perkembangan informasi di media sosial. Seluruh pemangku kepentingan harus melakukan kontrol terutama bagi acount media sosial yang menebarkan provokasi dan ancaman keamanan.

“Kita pun punya alat untuk mendeteksinya, kalau kita tidak mampu karena keterbatasan kita dari sisi infrastruktur kita bisa minta bantuan Mabes Polri,” katanya.

Polda saat tengah memantau beberapa acount media sosial dan tim patroli cyber Polda Papua Barat pun terus memantau acount tersebut.

“Kalau isinya masih wajar-wajar saja, ya kita biarkan. Tapi kalau sudah menjurus pada hal-hal yang bersifat provokatif dan dapat mengganggu keamanan tim akan bertindak,” ujarnya mengakhiri. (IBN)

Tinggalkan Balasan