Miras

Polisi Buru Kapal Pengangkut Cap Tikus 7500 Liter

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kepolisian Resor Manokwari telah mengantongi nama kapal yang digunakan untuk mengangkut 7500 liter minuman keras cap tikus dari Bitung ke kampung Wansray Pulau Numfor, Papua, yang ditangkap, Sabtu (3/10).

Kepala Satuan Narkoba Reserse Narkoba Polres Manokwari Iptu Nirwan Fakaubun mengatakan, kapal tersebut saat ini sedang diburu tim dari Polres Manokwari dan Brimob Polda Papua Barat.

Polres Manokwari baru-baru ini menangkap Arman dengan 25 jerigen miras cap tikus di Manokwari. Dari informasi Arman yang kini telah ditetapkan sebagai tersangka, polisi kemudian berangkat ke pulau Wansray dan berhasil mengamankan 7500 liter cap tikus senilai 1 miliar.

Cap tikus tersebut didatangkan dengan kapal besar dari Bitung. Dari sana rencananya miras tersebut akan disalurkan ke Manokwari. Jalur tersebut selama ini diduga kuat dipakai oleh penyelundup untuk memasukan cap tikus ke Manokwari.

Menurut Nirwan, Arman, juga diketahui memesan cap tikus tersebut tanpa modal. Ia akan mengembalikan akan mengembalikan utang modal tersebut kepada pemiliknya jika telah berhasil menjual miras tersebut.

“Jadi tersangka A ini sudah sering memasan miras ini dari Manado disalah satu pelaku yang berinisial U alias UWA. Jadi sistemnya si A dia tidak bayar nanti setelah barang terjual baru dia bayar,” jelas Nirwan, kemarin.

Arman dijerat Undang-Undang 18 Tahun 2012 pangan serta pasal 204 ayat 1 KUHP. Menurut Nirwan jika memenuhi cukup bukti yang bersangkutan juga akan dijerat dengan pasal Pasal 5 Ayat 1 UU Nomor 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). |ADITH SETYAWAN