gagasanriau.com Ilustrasi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Untuk melindungi konsumen menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1436 H, dalam beberapa waktu ke depan akan dilakukan razia terhadap barang kadaluarsa serta produk makanan dan minuman tidak layak konsumsi.
Sasarannya adalah semua tempat yang menjual bahan makanan mulai dari mall, swalayan, toserba hingga ke kios-kios kecil di pinggir jalan di dalam kota Manokwari maupun di distrik-distrik. Untuk pertama kalinya mulai tahun ini, razia barang kadaluarsa akan melibatkan personil Polda Papua Barat.
“Sekarang tim Bapok sudah tambah Polda PB akan ikut serta untuk lakukan razia sembilan bahan pokok (Bapok) untuk lihat apakah mereka (penjual) sudah tidak taat azas dengan menjual makanan dan minuman yang sudah expired, “ kata Wakil Bupati Roberth KR. Hammar usai rapat tim Bapok di kediaman dinasnya di Jl. Brawijaya, Kamis (11/6).
Direncanakan, razia akan dilakukan selama tiga kali dimulai pada awal pekan mendatang. Kegiatan inspeksi mendadak itu sudah menjadi agenda rutin setiap tahun. Oleh karena itu, diharapkan pengusaha di Manokwari sudah memiliki kesadaran yang baik dengan tidak mencari keuntungan dari barang-barang yang seharusnya sudah tidak layak edar.
“Saya harapkan sudah tidak ada lagi pengusaha yang nakal. Sejak 3 tahun lalu kalau ada razia kita pulang pakai truk (untuk angkut barang-barang expired). Tahun kemarin sudah tidak lagi berarti ada peningkatan kesadaran. Kita harapkan tahun ini sudah tidak didapatkan apa-apa lagi, “ lanjut Hammar.
Direktur Binmas Polda Papua Barat AKBP I.N. Suastra yang ikut hadir dalam rapat sub tim Bapok meningatkan adanya permainan para spekulan dengan cara menimbun barang-barang kebutuhan pokok menjelang datangnya hari raya besar keagamaan.
Tujuannya agar terjadi kelangkaan di pasaran sehingga harga melambung tinggi. Untuk itu, Polda Papua Barat siap mendukung Pemkab Manokwari dalam rangka menjaga stabilitas harga barang dari permainan para spekulan.
“Termasuk terhadap barang-barang yang sudah tidak layak konsumsi, “ ujar dia.|ZACK TONU BALA