Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Royke Lumowa

Polisi Polda Papua Barat Goes Sepeda ke Mansel

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Guna mendekatkan diri kepada masyarakat dan membangun hubungan harmonis antar masyarakat dan pihak Kepolisian, Kapolda Papua Barat bersama jajaran pejabat tinggi dan anggota Polda Papua Barat, Sabtu (31/10/2015) hari ini akan mengayuh sepeda melewati dua kabupaten di Papua Barat yakni Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan.

Aksi yang diberi nama Goes tersebut akan dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Royke Lumowa dengan mengambil start di daerah Wosi, Kabupaten Manokwari.

Kepada wartawan Kapolda mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian polisi kepada masyarakat dengan mendatangi masyarakat di kampung halaman mereka langsung melalui sepeda.

“Jadi itu bhakti sosial kami biar bisa lebih dekat lagi dengan masyarakat,” katanya.

Dalam aksi Goes tersebut ada beberapa titik peristirahatan yang telah disiapkan. Titik peristirahatan pertama akan ditempatkan di Distrik Tanah Rubuh, Kabupaten Manokwari, yang merupakan perbatasan dengan Kabupaten Manokwari Selatan.

Selanjutnya setiap kampung di daerah tersebut akan disinggahi peserta Goes untuk menyapa masyarakat disekitarnya sebelum melanjutkan perjalanan ke ibukota Kabupaten Manokwari Selatan.

Kapolda menegaskan, hal tersebut bukanlah aksi murni wajib bersepeda dari Kabupaten Manokwari hingga Kabupaten Manokwari Selatan yang memiliki jarak ratusan kilometer. Karena jika ada peserta yang merasa letih dan lelah, sepeda dan peserta dapat diangkut menggunakan kendaraan yang telah disiapkan.

Aksi tersebut akan ditempuh dengan waktu dua hari. Para pesepeda akan melakukan perjalanan pergi dan pulang, sehingga dipastikan kesiapan fisik dan tenaga sangat dibutuhkan, ditambah medan yang banyak menanjak akan menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. |ADITH SETYAWAN|BUSTAM