Pilkada serentak 2015

Polisi Prediksi Eskalasi Pilkada Meningkat pada Oktober – November

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Kepolisian Resor Manokwari menyatakan eskalasi politik di Pilkada Manokwari pada masa-masa kampanye terutama pada Oktober dan November kemungkinan akan meningkat.

Kapolres Manokwari Ajun Komisaris Polisi Jhonny Edison Isir, mengatakan, kemungkinan meningkatnya eskalasi berdasarkan prediksi yang telah dipetakan oleh kepolisian.

Jhonny mengatakan, peningkatan eskalasi bisa terjadi, karena dinamisasi kampanye pada waktu-waktu tersebut akan meningkat, ditandai dengan bertebarnya alat peraga kampanye para calon. “Itu prediksi kami,” kata kapolres dalam sosialisasi penanganan pelanggaran kampanye oleh Panwaslu Manokwari baru-baru ini.

Meski eskalasi diprediksi meningkat, ia menghimbau 4 pasangan kandidat untuk bersaing secara sehat, dan memberi apresiasi kepada mereka yang dinilai tetap menciptakan suasana kondusif hingga saat ini.

Sementara itu, kapolres mengimbau kandidat tidak menarik kesimpulan sendiri jika menemukan kerusakan alat peraga kampanye, melainkan dilaporkan ke Panwaslu. “Kadang tindakan itu (perusakan alat peraga kampanye) dilakukan anak-anak yang usil. Silahkan laporkan ke Panwaslu. Jangan cepat ambil kesimpulan sendiri,” imbau kapolres.

Selain itu kapolres mengatakan, pihaknya telah memetakan 9 distrik yang menjadi lokasi kampanye Pilkada demi kepentingan pengamanan. Aparat nantinya akan diterjunkan sesuai keperluan dengan berpatokan pada jumlah massa kampanye tiap kandidat. Ia mengingatkan kandidat agar tidak melakukan konvoi atau pawai dalam masa kampanye karena telah dilarang.

Terlepas dari hal itu, kapolres mengatakan, pihaknya menemukan sejumlah indikasi pelanggaran kampanye oleh beberapa kandidat. Indikasi pelanggaran seperti penggunaan fasilitas negara.

Terhadap hal ini ia mendorong Panwaslu agar tidak ragu-ragu menindak. Ia menyatakan Polres siap memberi dukungan kepada panwaslu bahkan jika diukur dengan angka, dukungan tersebut berada pada takaran 1000 persen.

Polres Manokwari menerjunkan setengah aparat mereka untuk mengamankan Pilkada di Manokwari. Pengamanan juga dilakukan pada Pilkada Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak. |RASYID FATAHUDDIN