Kantor DPR Papua Barat. SuluhPapua

Politisi DPR PB : Gubernur Jangan Setengah Hati Beri Jabatan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi diminta tidak setengah hati memberikan jabatan kepada bawahannya, dengan hanya memberikan jabatan Pejabat Pelaksana Tugas (Plt).

Hal ini diutarakan politisi asal PKB Sanusi Rahaningmas, terkait banyaknya pejabat yang hanya menjadi Plt di Pemprov Papua Barat.

“Gubernur jangan hanya memberikan kepercayaan kepada PNS setengah-setengah. Istilahnya jangan dititipkan sebagai Plt dulu nanti kalau kinerjanya bagus baru didevinitifkan. Ini yang membuat pekerjaan tidak optimal, karena pejabat bersangkutan pasti akan bekerja setengah hati,” kata Ketua Fraksi PKB ini, Senin (24/11/2014).

Menurutnya jika pemprov memberikan kepercayaan penuh,tentu akan lebih baik. Karena dengan kepecayaan yang diberikan, akan ada tanggungjawab dari pejabat yang diberikan amanah.

“Soal sejauh mana kemampuan dia untuk memanage organisasi, satker atau bidang yang dipimpin, sehingga ada dampak positif kepada yang bersangkutan,” kata Sanusi.

“Namun jika kita hanya menitipkan itu sementara atau plt berarti kebijakan sepenuhya tidak ada di tangan dia, contoh soal sekwan kita yang saat ini masih plt sehingga hal-hal yang menyangkut vital plt sekwan tidak berani memutuskan. Tentunya hal ini akan berbeda jika sudah ada pejabat sekwan devinitif,” sambung Sanusi.

Disisi lain, dengan banyaknya pejabat yang hanya plt dilingkup Pemprov Papua Barat dan tidak segera dilantik, maka hal itu akan memunculkan pertanyaan besar di mata masyarakat, apa memang di pemprov tidak ada PNS yang memiliki kepangkatan yang cukup. Hal ini harus diantisipasi pemprov.

“Saya harap sekda baru akan memberikan keputusan dengan sebaik baiknya untuk kepentingan birokrasi di provinsi ini, karena kalau tidak disikapi dari dini maka selamanya akan ada plt terus, artinya jika itu yang terjadi maka muncul pertanyaan besar apakah pejabat di daerah ini tidak mampu menududuki jabatan tertentu atau bagaimana?,” tanya Sanusi lagi.

Sebelumnya ketika diwawancarai Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan mengatakan mengisian jabatan lowong dan pelantikan pejabat eselon III belum dapat dipastikan waktunya. Karena semua tergantung gubernur.|DINA RIANTI

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan