Ayu Humaira Bataray

Politisi Wanita Dorong Kasus KDRT Ditekan

MANOKWARI, Cahayapapau.com—- Anggota DPRD Manokwari Ayu Humairah Bataray, menilai telah terdapat kemajuan-kemajuan pesat yang ditunjukan oleh kaum hawa sebagai hasil dari perjuangan Raden Ajeng Hari Kartini yang diperingati tiap 21 April.

Menurutnya, saat ini setiap wanita mulai menunjukan kemajuan diberbagai bidang yang tidak terlepas dari semangat emansipasi wanita yang digagas oleh Raden Ajeng Kartini.

Untuk setiap peran wanita di Kabupaten Manokwari tak perlu lagi dinomor dua-kan, mengingat saat ini terdapat banyak peran wanita yang setara dengan kaum adam pada umumnya.

Dirinya juga mengatakan, jika dilihat secara seksama, maka banyak peran pemerintah yang berhasil baik dibidang pemerintahan, legislative, maupun dunia usaha yang membuktikan bahwa wanita bukan menjadi kaum nomor 2 lagi tetapi sudah setara dengan pria.

Hal ini bisa dilihat dari lembaga legislatif di Kabupaten Manokwari yang saat ini dimana 25 persen diduduki oleh kaum wanita, dibandingkan persentase di periode 2009-2014 yang lalu.

“Saya mau berpesan agar wanita tetap memahami kodrat yang sudah diberikan Tuhan sehingga tidak melupakan tugas utamanya,” tambahnya.

Dirinya juga berharap, dijaman yang serba modern ini, tak ada lagi kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT terhadap perempuan yang dinilai masih sangat tinggi di Manokwari. Untuk itu pihak serta instansi terkait didorong untuk terlibat menekan laju kasus tersebut.

Sementara itu Wakil Bupati Sorong, Suko Harjono mengajak seluruh kaum perempuan di Kabupaten Sorong agar menjadikan peringatan Hari Kartini tidak sekedar perayaan ceremonial.

Ajakan tersebut disampaikan Kamis (21/4) siang, saat menghadapi acara puncak peringatan hari lahir ke-137 Raden Ajeng Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April.

Suko Harjono mengatakan, kaum perempuan diharapkan tidak sekedar menjadi pendamping suami yang bertugas untuk mengatur dan mengelola rumah tangga.

“Karena sejatinya tugas perempuann lebih dari itu. Potensi kaum perempuan sangat besar, terutama jika mempunyai kompetensi tertentu,” katanya.

Sementara, Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Sorong, Ny. Rosmini Suko Harjono, menyebutkan, 137 tahun silam Kartini telah memberikan contoh.

Oleh sebab itu, sebagai penerus, perempuan masa kini harus mempertahankan apa yang sudah dicontohkan secara baik oleh Raden Ajeng Kartini.

Peringatan hari Kartini ke-137 tahun untuk wilayah Aimas yang diselenggarakan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sorong berjalan hikmat dan meriah.

GOW juga menggelar seminar bagi kaum perempuan, pelatihan MC, lomba, bakti sosial di distrik Klamono, termasuk pelantikan GOW distrik dan lomba Fashion Show yang diikuti Ibu-Ibu dari perwakilan sejumlah organisasi perempuan. (ACS/NSR)

 

Tinggalkan Balasan