Polres Bentuk “Tim Raptor”, Cegah Gangguan Kamtibmas

MANOKWARI, Cahayapapua.com– Kepolisian Resor (Polres) Manokwari membentuk tim “Raptor” atau Rayon Patroli untuk mengawal keamanan, ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Manokwari.

Kapolres Manokwari AKBP Christian Rony Putra, Rabu (26/10) mengatakan, Tim Raptor adalah personil gabungan yang terdiri dari anggota Direktorat Sabhara Polda PB, Satuan Brimobda Polda PB serta Satuan Sabhara Polres Manokwari.

“Mereka siap merespon seluruh peristiwa terkait pidana atau pelanggaran ketertiban yang dialami masyarakat. Dengan kecepatan mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara), tim diharapkan mampu mengamankan situasi,” kata dia.

Christian menuturkan, dianatar tim yang dibentuk tersebut terdapat peleburan sehingga menjadi tim kecil dan berkelommpok yang bertugas menjalankan Patroli rutin di Manokwari.

“Mereka siap merespon secara cepat laporan yang masyarakat atas peristiwa atau gangguan keamanan di setiap wilayahkota Manokwari,” tandasnya.

Selain menjaga ketertiban di setiap wilayah tugas masing-masing, lanjut dia,tim diharapkan bekerja cepat dan tepat memburu pelaku kriminal. Tim Raptor, paparnya, terbagi dalam tiga pos. Raptor A mengambil Pos di Jalan Merdeka, Raptor B Jalan Yossudarso dan Raptor C di Jalan Trikora Sowi.

Dijelaskan Rony, pengambilan nama Raptor dilakukan bukan tanpa alasan. Nama ini dipilih karena secara filosofi Raptor adalah salah satu species dinosaurus yang beritipe sebagai hewan pemburu. Dan Raptor merupakan predator yang gesit dan lincah dalam memburu mangsa.

Predator tersebut masuk dalam kategori pemburu yang mematikan serta bekerja secara kelompok. “Sehingga seberapapun besar target buruannya, melalui kerjasama yang baik, Raptor dapat menangkap mangsanya yang lebih besar,” tekannya lagi.

Menurut dia, filosofi kerja Raptor sangat cocok dan dapat diterapkan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di daerah agar kondusif. (IBN)

Tinggalkan Balasan