Bupati menyematkan pita pengamanan kepada perwakilan TNI, Polri dan Satpol PP.
Bupati menyematkan pita pengamanan kepada perwakilan TNI, Polri dan Satpol PP.

Polres Gelar Apel Operasi Mansinam   

KAIMANA, Cahayapapua.com—  Kamis (27/10/2016), Kepolisian Resor Kaimana menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Mantap Praja Mansinam-2016. Apel yang melibatkan instansi terkait dengan tema ‘Melalui apel gelar pasukan operasi mantap praja Mansinam-2016, kita tingkatkan sinergitas Polri dengan instansi terkait untuk memberikan rasa aman dan nyaman’ ini, dipimpin Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma.

Bupati membacakan sambutan tertulis Kapolda Papua Barat Drs. Royke Lumowa, MM mengatakan, apel gelar pasukan dalam rangka operasi mantap praja mansinam-2016 ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana prasarana Polda Papua Barat beserta unsur terkait sebelum diterjunkan ke lapangan.

Dikatakan, kehidupan demokrasi di Indonesia telah memberikan ruang kebebasan bagi masyarakat untuk berserikat, berkumpul dan menyampaikan pendapat yang dijamin oleh konstitusi serta diberikan hak politik yang luas untuk terlibat dalam roda pemerintahan. Bentuk-bentuk kecurangan Pemilu lanjut Kapolda, baik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu maupun pihak terkait lainnya, hendaknya tidak terulang kembali.

Lebih jauh dalam apel gelar pasukan yang ditandai penyematan pita oleh Bupati kepada perwakilan aparat, Bupati mengatakan, perlu dicermati, pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2017 terdapat berbagai potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius dari semua unsur terkait agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata, yang dapat menghambat kelancaran penyelenggaraannya. Kapolda juga mengingatkan seluruh jajarannya untuk menjaga netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

“Berbagai potensi kerawanan pada setiap tahapan Pilkada baik berupa sengketa hasil maupun pelanggaran Pilkada dan tindak pidana umum lainnya harus dapat dikelola dan ditangani oleh Polda Papua Barat secara profesional modern dan terpercaya. Mari kita menyatukan tekad dan komitmen guna membuktikan kepada masyarakat bahwa Polda Papua Barat bersama stakeholders terkait siap mengkawal, mengamankan serta mensukseskan Pilkada serentak Tahun 2017,” ujar Kapolda. (ISA)

Tinggalkan Balasan