Kapolres Manokwari, AKBP. Jhonny Edison Isir, SIK

Polres Manokwari Akan Bentuk Lima Polsek Tambahan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kepolisian Resor Manokwari berencana membentuk kepolisian sektor (Polsek) di lima Distrik wilayah kerjanya. Polres pun tengah mengupayakan pembentukan Polres di Kabupaten Manokwari Selatan.

Kapolres Manokwari, AKBP. Jhonny Edison Isir, SIK menyatakan, lima polsek itu akan di dirikan di Distrik Manokwari Selatan, Tanah Rubuh, Sidey Kabupaten Manokwari, Distrik Minyambouw Kabupaten Pegunungan Argak serta Distrik Momiwaren Kabupaten Manokwari Selatan.

“Kami masih menunggu jawaban dari Mabes (markas besar) Polri terkait usulan ini,” kata Edison, Jumat (25/9/2015).

Kapolres menjelaskan, dari lima calon Polsek itu, dua diantaranya dilakukan melalui proses peningkatan status, yakni calon Polsek Manokwari Selatan dan Sidey yang saat ini masih berstatus pos pol sub sektor.

Sementara pembentukan Polsek di tiga distrik lainnya, yakni, distrik Tanah Rubuh, Minyambouw dan Distrik Momiwaren akan dilakukan tanpa peningkatan status.
Pembentukan Polsek ini, untuk mempermudah kerja kepolisian dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di wilayah kerja Polres Manokwari.

Sementara terkait pembentukan Polres di Kabupaten Manokwari Selatan, menurutnya sudah memenuhi syarat, “Saat ini Polsek Ransiki dan Polsek Oransbari sudah ada. Kalau kita sudah bentuk Polsek Momiwaren berarti pembentukan Polres sudah memenuhi syarat. Karena syarat terbentuknya sebuah Polres harus terdiri dari minimal 3 Polsek di suatu Kabupaten,” kata Kapolres menjelaskan.| MUHAMMAD RIZALDY