Ilustrasi. Foto: Dok Humas Mabes Polri

Polres Manokwari Latih Aparat Selesaikan Masalah Pakai Hukum Adat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comPolres Manokwari saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan terobosan baru dalam menangani masalah keamanan dan ketertiban di Manokwari.

Terobosan tersebut ialah mengikutkan sejumlah personil polisi dari berbagai kantor Polsek di wilayah hukum Polres Manokwari mengikuti pelatihan sebagai Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas).

Pelatihan ini ialah menangani masalah keamanan dan ketertiban dalam skala kecil yang terjadi di masyarakat dengan pendekatan adat istiadat tanpa menghilangkan proses hukum positif.

Kepala Satuan Bina Masyarakat Polres Manokwari Ajun Komisaris Polisi Suroto mengatakan, pendekatan adat bisa dipakai jika dua belah pihak yang bertikai setuju untuk menyelesaikannya melalui jalur tersebut, berbeda  jika dikehendaki untuk diselesaikan melalui jalur hukum.

“Kali ini ada 30 anggota polisi dari jajaran Polsek se Manokwari yang ikut pelatihan,” kata Suroto usai penutupan kegiatan tersebut, Jumat (7/11/2014).

Ia mengatakan kegiatan yang difasilitasi oleh sebuah organiasi non pemerintah asal Belanda yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan kepolisian (Lemdikpol) Mabes Polri.

Pelatihan gelombang keempat ditutup kemarin setelah dilakukan sejak 3 November lalu. Pelatihan ini dilengkapi modul. Fasilitator berasal dari Polda Papua, Polres Manokwari dan akademisi.

“Pekan depan kami akan gelar pelatihan gelombang ke – 5. Kami target 12 gelombang,” katanya. |RIZALDY TARAFANUR

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan