Ilustrasi. Foto: liputan7

Polres Teluk Bintuni Tangani 7 Kasus Narkoba

BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com– Angka kasus narkoba terutama jenis sabu-sabu yang ditangani Polres Teluk Bintuni selama tahun 2014 mengalami peningkatan, yaitu sebanyak 7 kasus. Seluruh kasus tersebut sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Manokwari.

Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni AKP. A. R. Manurung, mengatakan, jika dilihat dari jumlah kasus, maka kasus narkoba di Bintuni terbilang cukup tinggi dibanding tahun 2013.

“Kalau kita lihat volume perkara yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan, tahun 2014 ini berarti cukup tinggi. Ada 7 perkara yang maju di Tahun 2014 dengan barang bukti beragam, ada yang 4 gram dan 2 gram,” ujarnya.

Meskipun banyak kasus narkoba yang ditangani, namun pihaknya belum berhasil menangkap bandar narkoba. Pada umumnya tersangka yang berhasil diamankan adalah penerima dan penjual. Selain itu juga terdapat pemakai yang berhasil diamankan pihak kepolisian.

“Bandar narkoba belum. Yang ditangkap ini hanya yang menerima dan menjual, artinya bandar besar dipucuknya belum. Orang yang ada di Bintuni saja yang ketangkap, mereka juga pemakai,” katanya.

Penyelundupan barang haram tersebut, menurutnya dilakukan melalui jalur darat, laut dan udara.

“Modusnya banyak, ada yang memasukan lewat kapal, darat maupun pesawat dari Manokwari,” tuturnya.

Dari beberapa pelaku yang berhasil ditangkap, terdapat satu orang berjenis kelamin perempuan. Hingga kini pihak kepolisian masih terus melakukan upaya penangkapan terhadap bandar, pengedar maupun pengguna narkoba.

“Harapannya supaya jangan meluas ke masyarakat,” pungkasnya. |ARI MURTI

Tinggalkan Balasan