Logo PON XIX Jawa Barat 2016

MANOKWARI, CHAYAPAPUA.com– KONI Provinsi Papua Barat merencanakan anggaran Rp 70 miliar untuk membiayai seluruh kebutuhan kontingen Papua Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat tahun 2016.

“Rencana anggaran kita berharap dari Pemprov 70 miliar. Karena kita akan TC (training center) di luar jadi butuh biaya besar, “ ungkap Sekretaris KONI PB Fabianus Nambu, akhir pekan kemarin di Manokwari.

Menurut Fabi, dari ajang Pra PON yang telah berlangsung, Papua Barat sejauh ini telah meloloskan 32 atlit untuk berlaga pada iven empat tahunan itu. Total ada 7 medali emas yang berhasil dipersembahkan atlit-atlit Papua Barat dalam ajang Pra PON yang telah diikuti.

“ Bulan januari kita TC (pemusatan latihan) di luar untuk cabor yang lolos. Bila perlu di tempatnya (bandung) supaya bisa penyesuaian cuaca, “ ujar Fabi.

Sekedar diketahui pada PON XVIII di Riau, kontingen Papua Barat hanya membawa pulang 3 keping medali emas. Padahal, anggaran yang dihabiskan kabarnya mencapai hingga 100 miliar. |ZACK TONU BALA