Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja 2014. Foto: ponremaja.com

PON Remaja Berakhir, Papua Barat Raih 1 Emas 3 Perunggu

SURABAYA,CAHAYAPAPUA.com Tim provinsi Papua Barat berhasil meraih 1 medali emas dan 3 perunggu dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja 1 tahun 2014 di Surabaya, Jawa Timur.

Medali emas diraih oleh Silzer Y Numberi pada cabor atletik nomor 400 meter putra dengan catatan waktu 49.12 detik. Pada nomor ini, Silzer bahkan memecahkan rekor nasional, lebih cepat dibanding rekor nasional Arif Rahman dari Nusa Tenggara Barat pada Kerjurnas Atletik Remaja 2010, yang saat itu mencatat waktu 49.25 detik. (Baca: Silzer Numberi Pecahkan Rekor Nasional)

Silzer juga meraih medali perunggu dinomor 200 meter putra dengan catatan waktu 22.62 detik.

Selain itu, Papua Barat juga meraih medali perunggu oleh Hander Rumbruren pada cabor memanah perorangan putra.

Pada cabor memanah putri, Papua Barat juga menyumbang medali perunggu dari tangan Jein Alviani Muabuay.

Dalam PON ini, Papua Barat membawa sejumlah atlet untuk bertanding pada 9 dari 15 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni panahan, atletik, sepakbola, tenis meja, tenis lapangan, bulu tangkis, menembak, judo dan silat.

Sesuai data ponrejama.com, Minggu (14/12/2014), Papua Barat terletak pada rangking ke 21, dua tangga dibawah Papua (peringkat 19) yang meraih 1 emas dan 2 perak.

PON Remaja yang diikuti 24 provinsi ini mencatat provinsi Kepulauan Riau, Gorontalo, Maluku Utara dan Sulawesi Barat sama sekali tidak meraih medali.

Sementara itu juara Umum diraih oleh Jawa Timur dengan 35 medali emas, 27 perak dan 15 perunggu, diikuti Jakarta pada posisi kedua dengan 33 emas 22 perak dan 17 perunggu.

PON akan ditutup secara resmi besok, Senin (14/12/2014), di Lapangan Gelora Sidoarjo, yang sebelumnya akan menampilkan partai final sepakbola remaja. (Baca: Kejurnas Hockey Indoor, Putri Papua Barat Sabet Juara 3) |DUMA TATO SANDA| ADITH SETYAWAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan