IKT Papua Barat

Porseni IKT di Sorong diikuti 12 kabupaten

SORONG, Cahayapapua.com— Peringatan 104 tahun masuknya Injil di Toraja, diperingati warga Toraja di Papua Barat yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Toraja (IKT), dengan menggelar pekan olahraga dan seni (Porseni) di Kota Sorong.

Porseni yang akan berlangsung selama lima hari, sejak 17-20 Juni 2017 ini juga merupakan bagian dari perayaan Ulang Tahun Ikatan keluarga Toraja (IKT) Papua Barat ke-9. Sebanyak 12 IKT tingkat kabupaten terlibat dalam kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Porseni, Hermin Matandun, mengungkapkan Porseni IKT Papua barat ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan. Dua tahun lalu, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Manokwari.

“Ini merupakan kegiatan dua tahunan Pengurus IKT Provinsi Papua Barat. Tuan rumah kegiatan berikutnya akan ditentukan melalui rapat bersama seluruh pengurus IKT provinsi dan tingkat kabupaten setelah kegiatan perayaan selesai,” ujar Hermin.

Menurut rencana, kegiatan Porseni IKT ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan.

“Hari ini kita sudah mulai dengan registrasi peserta, sekaligus dengan technical meeting. Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan besok kita sudah masuk pembukaan,” tambahnya seperti dikutip Karebatoraja.

Kegiatan porseni ini akan diisi dengan Paduan Suara Campuran, Vokal Grup Solo Putra-Putri, tari Pa’ Gellu, baca Sura’ Madatu, Busana Toraja, tarik tambang putra putri, sepak takraw, futsal, Pidato Bahasa Toraja, tenis meja beregu, volly putra putri, lari bakea’ putra putri, lari karung putra putri, catur beregu, dan domino beregu.

Tempat kegiatan lomba disiapkan beberapa tempat, namun khusus untuk penginapan peserta dipusatkan di sekolah satu atap Yayasan Moria, Kilometer 11 Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. (del/*)

Tinggalkan Balasan