Yonadap Trogea

Potensi Wisata di Sorong Selatan Masih “Tidur”

MANOKWARI, Cahayapapua.com–- Sektor pariwisata di Kabupaten Sorong Selatan merupakan salah satu potensi yang mampu mendongkrat pendapatan asli daerah (PAD).

Hal itu diungkapkan, anggota DPR Papua Barat (DPRPB), Yonadap Trogea. Ia mengatakan, hingga kini potensi ini masih “tidur” alias belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

“Potensi wisata alam dan satwa yang ada jika dikelola dengan baik bisa menarik turis lokal maupun mancara Negara ramai-ramai datang. Ini akan menambah PAD (pendapatan asli daerah),” kata Yonadap, Minggu, (10/4/2016)

Menyengkut persoalan politik yang sempat muncul pada pilkada lalu, Yonadap mengimbau, seluruh lapisan masyarakat di daerah itu bergandengan tangan untuk mendukung pembangunan.

“Tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh masyarakat yang punya potensi dan prospektif perlu dilibatkan dalam pemerintahan sehingga apa pembangunan yang ada ini berjalan baik,” ujar dia.

Disisi lain, Yonadap menyarankan pemerintah daerah harus lebih banyak melakukan studi banding ke sejumlah daerah yang berhasil mengembangkan potensi wisata menjadi sektor unggulan.

Seperti, Bali dan Raja Ampat. Studi tersebut, dalam rangka mendapatkan pengetahuan menyangkut konsep pembangunan pariwisata yang berkelanjutan.

Yonadap menambahkan, pelibatan semua semua stake holder khususnya kalangan LSM yang konsen dengan isu lingkungan seperti di Raja Ampat.

Sebab sinergitas itu penting untuk menata dan meletakan konsep pembangunan pariwisata yang menunjang pembangunan berkelanjutan demi menjaga alam di Sorong Selatan yang masih utuh.

“Kita tidak bisa berharap dana pembangunan itu hanya dari DAU atau DAK. Kenapa potensi wisata yang ada tidak kita kelola supaya meningkatkan PAD,”pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan