Gerakan Prajamuna Karana

Pramuka Jaman Sekarang Harus Cinta Lingkungan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Anggota Pramuka di jaman sekarang ini hendaknya memiliki kepekaan sosial yang tinggi termasuk menyikapi kondisi lingkungan hidup yang kian kritis akibat ulah manusia. Pramuka diharapkan berani tampil di depan untuk mempelopori gerakan cinta lingkungan.

Pesan ini disampaikan Pembina UKM Pramuka Universitas Papua (UNIPA) Manokwari Dr.Wasgito Purnomo pada pembukaan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dalam rangka penerimaan anggota  Baru UKM Pramuka  Racana Johanes Abraham Dimara dan Christina Martha Tiahahu  di Kampus Unipa di Amban, Sabtu (14/11/2015) lalu.

“Salah satu darma dari sepuluh dharma Pramuka cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Saya berharap  anggota Pramuka melaksanakan dharma secara nyata dalam kehidupan sehari-hari dengan mengedapannya dalam Tri Dharma perguruan tinggi, “ pesan Wasgito sebagaimana disarikan dalam siaran pers yang diterima Cahaya Papua kemarin.

Kegiatan Persami tersebut dibuka secara resmi oleh  Pembantu  Rektor  III UNIPA Manokwari Dr.Sita Sarungallo. Penerimaan anggota baru dan reorganisasi pengurus UKM Pramuka Racana Johanes Abraham Dimara dan Christina Martha Tiahahu merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingari HUT  UKM Pramuka Unipa ke- 15 yang jatuh pada 18 November 2015.

Menurut Sarunggallo, Pramuka merupakan wadah yang tepat untuk pembinaan karakter generasi muda karena dalam gerakan Pramuka anda bisa mendapat berbagai pengetahuan dan keterampilan hidup yang sangat bermanfaat.

“Karena itu, Pramuka perlu terus di kembangkan kepada generasi muda saat ini khususnya di kampus Unipa Manokwari, “kata dia.

Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, pada kesempatan itu dilakukan penanaman sedikitnya 50 anakan pohon di sekitar aula Fakultas  Ekonomi dan Bisnis.

Peserta yang terlibat selain mereka yang mendaftar sebagai calon anggota baru, juga diikuti oleh gugus depan pramuka SMK Negeri 2 Manokwari dan gugus depan SMA Yapis Manokwari. |ZACK TONU BALA