Presiden Joko Widodo

Presiden Dengar Keluhan Masyarakat Pengguna KIS di Manokwari

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Dihadapan Presiden Joko Widodo, ibu-ibu pengguna Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS Kesehatan sampaikan keluhan terkait layanan kesehatan yang dinilai tidak dilaksanakan oleh rumah sakit yang menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Seperti bisasanya, Presiden ke tuju Republik ini, gemar bersosialisasi dengan masyarakat setempat yang Ia kunjungi untuk merasakan lebih dekat dengan masyarakat, juga untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi masyarakat setempat.

Pada kunjungannya siang kemarin, Selasa (5/4/2016), usai membagikan bantuan sosial kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial (PKH Kemensos), Bansos bagi penyandang Disabilitas dan Para Lansia di halaman Pelabuhan TNI AL, Komplek Biriosi Sanggeng.

Presiden langsung menyambangi masyarakat yang diundang untuk mengikuti kegiatan tersebut, ketika berjabat tangan dengan masyarakat yang mayoritas ibu-ibu ini, presiden menerima sejumlah keluhan langsung dari ibu-ibu pengguna kartu BPJS dan Kartu Indonesia Sehat yang merupakan salah satu program Nawa Cita Presiden Joko Widodo.

Kepada Presiden, ditengah kerumunan ibu-ibu, salah satu keluhan yang disampaikan salah satu ibu yang hadir saat itu, mempertanyakan manfaat langsung penggunaan KIS maupun BPJS bagi peserta BPJS maupun KIS dalam Program JKN.

Para Ibu ini, dengan nada kecewa dan harap mengatakan, walau menggunakan KIS dan BPJS untuk mendapatkan layanan kesehatan, yang mestinya mendapat layanan kesehatan gratis, ternyata pengguna KIS masih ditekan untuk membayar biaya tambahan terhadap layanan yang diberikan rumah sakit.

Tidak hanya itu, keluhan yang disampaikan ibu-ibu terkait akses layanan kesehatan bagi penggunak KIS, dirasa masih berbelit-belit, dengan kualitas layanan yang dirasa tidak maksimal.

Pantauan Koran ini, salah satu ibu berhadapan langsung dengan presiden ditengah-tengah kerumunan ibu-ibu, mengatakan, “bapak presiden kami mohon bapak jelaskan manfaat kartu ini, karena kami dapat suruh bayar lagi bapa,” teriak salah satu ibu dan diiyakan oleh ibu-ibu lainnya.

Mendengar keluhan ibu-ibu ini, presiden menjelaskan fungsi dan manfaat penggunaan KIS bagi masyarakat kurang mampu untuk mendapat layanan kesehatan yang layak di rumah sakit pelaksana program JKN.

Presiden juga telah mencatat sejumlah keluhan masyarakat terkait persoalan penggunaan KIS bagi keluarga tidak mampu yang tidak mendapatkan layanan kesehatan yang layak di rumah sakit yang ada di kota ini. (ICL)

Tinggalkan Balasan