Anggota Tim Nawacita Presiden di Papua Barat Xaverius Kameubun. Toyiban/Cahaya Papua

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Presiden RI Joko Widodo tahun ini mengabulkan aspirasi petani Manokwari dengan meluncurkan sejumlah program pembangunan infrastruktur pertanian di daerah ini.

Anggota Tim Nawacita Presiden di Papua Barat Xaverius Kameubun di Manokwari, Minggu, mengatakan, hal ini merupakan jawaban presiden atas aspirasi para petani di wilayah Warmare, Prafi, Masni dan Sidey yang disampaikan melalui Staf Alhi Presiden, RuriJumar Saif saat berkunjung ke Manokwari pada Januari lalu.

Xaverius yang juga anggota Komisi E DPR Papua Barat ini mengutarakan, Presiden telah menyetujui aspirasi petani di empat distrik tersebut.

Menurutnya, ini adalah hasil dari blusukan yang dilaksanakan tim nawacita presiden Ruri Jumar Saif bersama dirinya dan tim teknis Irianto Yusuf.

“Bapak Joko Daryanto selaku Koordinator Tim Nawacita pun tentu punya andil besar hingga aspirasi ini langsung dijawab bapak presiden,” kata dia.

Ia mengutarakan, tahun ini pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dan Kementerian Pekerjaan Umum akan mencetak sawah baru seluas 1.000 hektare di Manokwari

Selain itu, lanjutnya, pusat akan merealisasikan keinginan petani terkait permohonan bantuan peralatan mesin pertanian, pembangunan irigasi primer, pembangan jalan usaha tani, penataan sungai Wariori, dan melanjutkan pembangunan DAM di kampung Macuan SP-5 yang macet sejak tahun 2013 lalu.

“Program ini akan dilaksanakan tahun ini. Dalam waktu dekat tim turun melaksanakan survei serta kajian untuk mematangkan rencana program tersebut,” kata Veri.

Ia menyebutkan, pada 23 Februari 2018 Kementerian Sekretaris Negara telah mengeluarkan surat yang ditujukan ke kedua Kementerian tersebut. Intinya surat tersebut mendesak agar Kementerian PU-Pera dan Kementan segera menindaklanjuti aspirasi yang dibawa tim Nawacita Presiden dari Manokwari ini.

Politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia ini berharap, program tersebut segera terealisasi serta memberi dampak signifikan bagi program swasembada beras di daerah tersebut.

“Selain itu, tentu saja kita semua berharap program ini memberi dampak terhadap kesejahteraan para petani,” katanya lagi.

Ia mengutarakan, peningkatan produksi pertanian merupakan salah satu nawacita presiden. Ia yakin, keinginan petani menyangkut infrastruktur dan fasililltas pertanian menjadi perhatian serius pemerintah pusat.

“Apalagi aspirasi itu disampaikan langsung melalui Bapak Ruri selaku staf ahli presiden yang juga tim inti Nawacita Presiden di Jakarta. Kita kawal agar program ini terealisasi dan dinikmati langsung oleh petani,” pungkasnya. |Toyiban

 

Leave a Reply