Produk Kosmetika Berbahaya Beredar di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Balai Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Papua Barat berjanji akan bekerja maksimal memberantas produk-produk yang menggunakan bahan berbahaya. Satu produk yang menjadi incaran BPOM adalah produk kosmetik masih terus beredar di pasaran.

“Dari tahun ke tahun untuk produk-produk kosmetik yang kita awasi mulai menurun, meskipun masih banyak produk yang dijual secara diam-diam, dan kami akan terus mengawasinya,” kata Kepala Seksi Pemdikselik BPOM Papua Barat, Lukas Dosonugroho kepada Cahaya Papua, Kamis (15/1/2015).

Menurut Lukas, masih beredarnya produk-produk kosmetik dengan bahan berbahaya ini, karena masih terdapat pelanggan yang terus menggunakan produk tersebut. Beberapa waktu lalu BPOM telah menangkap dua pengusaha kosmetik yang menggunakan bahan berbahaya dan telah diberikan sanksi.

“Kami sidangkan di Sorong dan telah kami berikan sanksi, meskipun sanksinya belum terlalu berat. Kedepan kami akan tetap intens mengawasi produk-produk tersebut,” katanya.

Untuk meningkatkan pengawasan, BPOM akan bekerja sama dengan para pihak berwajib serta instansi terkait untuk mengawasi produk-produk berbahaya tersebut.

“Kami hanya bisa mengimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dalam membeli produk kosmetik, karena produk tersebut hanya membuat kita senang sesaat setelah itu efek sampingnya akan berbahaya bagi kita,” tuntasnya. (ADT/BM)