Bupati Manokwari saat menerima aspirasi para guru dan kepala sekolah SMA dan SMK se Kabupaten Manokwari baru-baru ini.
Bupati Manokwari saat menerima aspirasi para guru dan kepala sekolah SMA dan SMK se Kabupaten Manokwari baru-baru ini.

Program Misterius Bermunculan, Bupati Geram

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan geram atas munculnya program misterius pada Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) 2016. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) diminta bertanggungjawab.

“Banyak yang mengeluh bahwa Tim Anggaran ini main coret-coret program tanpa koordinasi. Itu aturan dari mana, tidak bisa lihat mana kegiatan utama, mana kegiatan prioritas, mana kegiatan yang bisa di tunda dulu,”ucap bupati, Senin (9/5)

Pemangkasan program prioritas, kata dia, akan berdampak terhadap penilaian buruk dari masyarakat kepada pemerintah daerah. Disisi lain hal ini dapat memicu aksi Demonstrasi yang mengganggu stabilitas pelayanan pemerintahan.

“Tim anggaran harus bertanggungjawab, masak kegiatan yang penting tidak bisa dikonfirmasi dengan dinas terkait,”ujarnya menegaskan.

Bupati pun mengkritisi bagian Sekda Manokwari, karena ada beberapa kegiatan yang muncul tanpa melalui prosedur. Sebaliknya program prioritas dipangkas oleh TAPD.

“Saya mau tegaskan, untuk usulan tersebut tidak boleh ada pencairan. Salah satunya adalah pengadaan tanah yang tidak diusulkan tetapi muncul, saya sudah punya data itu,” tegas bupati.

Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, ungkapnya terdapat tiga program prioritas. Program itu pun telah di pangkas tanpa koordinasi.

“TAPD tolong kegiatan di Dinas Pendidikan kalian cari jalan, sehingga bagaimana tiga kegiatan itu harus ada, sebab, kegiatan ini menyangkut guru. Bagaimana kita mau meningkatkan SDM tetapi kita sendiri tidak bisa menyiapkan anggarannya,” pungkasnya. (ACS)

Tinggalkan Balasan