Kantor DPR Papua Barat

Program Pemberdayaan Masyarakat Belum Didukung Pendampingan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Wakil ketua Komisi B DPR Papua Barat (DPRPB), John Dimara menyebut, program-program pemberdayaan yang langsung berhubungan dengan masyarakat belum berjalan baik.

“Belum berjalan baik karena tidak didukung dengan pembinaan. Pembinaan belum nampak sehingga, kami minta pemerintah provinsi lebih serius pada kondisi ini,” kata John, beberapa waktu lalu.

Menurut John, pagu anggaran tahun 2016 disetiap SKPD menurun, sehingga dikuatirkan, program dan kegiatan yang direncanakan hanya berfokus pada out put semata, tanpa memperhatikan out come (manfaat).

“Pendampingan bertujuan agar program yang dilaksanakan memiliki hasil. Selama ini, bantuan nelayan, pertanian, dan peternakan belum ada yang jadi contoh sebagai kelompok sukses,” ujarnya.

Sekretaris DPD Partai Hanura Papua Barat ini menegaskan, pembinaan berkelanjutan perlu menjadi pehatian pemerintah terutama SKPD yang memiliki tupoksi beririsan langsung dengan peningkatan kesejahteraan.

“Tahun anggaran 2017, ini harus menjadi prioritas sehingga bantuan yang ada tidak sekadar mengejar daya serap anggaran tetapi, memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan taraf hidup masyarakat,” pungkasnya. |RASYID FATAHUDDIN| EDITOR : TOYIBAN