Kantor DPRD Manokwari

Proyeksi APBD 1 Triliun, Pemda Diminta Revisi Perda Retribusi

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—– Pemerintah Kabupaten Manokwari diminta serius dan jeli mengelola setiap sektor potensial yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah atau PAD.

Ketua Fraksi Manokwari Hebat, Romer Tapilatu mengatakan, pada finalisasi KUA-PPAS beberapa waktu lalu APBD Manokwari tahun anggaran 2015 meningkat menjadi Rp 1 triliun dari proyeksi awal yang hanya dikisaran Rp.900 miliar.

Untuk mencapai target 1 triliun di tahun 2015 ini menurutnya Pemkab harus melakukan revisi sejumlah Peraturan Daerah (Perda) yang sudah tidak relevan dengan tantangan dan trend ekonomi Manokwari kedepan.

Diantaranya Perda tentang retribusi daerah serta Perda lain menyangkut pengelolaan sektor produktif.

“Selain itu, harus ada pengawasan yang serius terhadap pengelolaan retribusi dan sektor produktif itu,” kata Romer, Kamis (29/1/2015).

Romer meminta pembahasan revisi Perda melibatkan semua pemangku kepentingan untuk mendapatkan pembobotan secara subtansi maupun tekhnis.  Sehingga produk Perda yang dilahirkan itu memenuhi asas, keadilan, kesetaraan, keberimbangan serta asas manfaat bagi masyarakat maupun pemerintah. |RIZALDY

Tinggalkan Balasan