PSI Manokwari Siapkan Diri Hadapi Verifikasi KPU

MANOKWARI-  Pengurus DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Manokwari terus mempersiapkan diri menghadapi verifikasi Komisi Pemilihan Umum.

Ketua DPD PSI Manokwari, Patrix Barumbun Tandirerung mengatakan, persiapan itu pada dasarnya telah dilakukan oleh pengurus sebelumnya yang telah direvitalisasi untuk penyegaran dinamika dan aktivitas partai.

“Rekan-rekan yang sebelumnya mengurus DPD kini menjadi pengurus di tingkat provinsi. Tapi secara mendasar mereka telah meletakkan pondasi yang cukup baik, terutama suprastruktur partai hingga ke tingkat distrik. Kami tinggal memoles dan memperkuatnya,” kata Patrix yang menahkodai PSI Manokwari sejak sepekan lalu.

Syarat verifikasi yang hendak digenjot adalah pelembagaan struktural partai ke seluruh distrik atau kecamatan, mobilisasi rekruitmen anggota dan penataan administrasi. Setelah semua terkonsolidasi, maka langkah berikutnya adalah dengan menggelar “Kopi Darat (Kopdar)” istilah PSI untuk kegiatan konsolidasi di satuan wilayah tertentu.

Menurut Patrix, dalam sepekan terakhir terjadi peningkatan jumlah anggota yang signifikan berkat upaya-upaya penggalangan yang dilakukan oleh kader, pengurus dan relawan.

“Kami melihat ada antusiasme kaum muda di Manokwari untuk ikut memperkuat dan memperkenalkan partai ini di basis-basis sosial dan komunitasnya. Anggota partai ini benar-benar tumbuh secara organik. Ada mahasiswa, professional muda dan lainnya,” kata Patrix, Jumat (24/3/2016) kepada Cahaya Papua.

“Rekan-rekan juga cukup aktif mempromosikan partai ini lewat media sosial.”

Sejauh ini, dari 9 distrik yang ada di Manokwari, pengurus PSI sudah ada di 8 distrik.

Oktober tahun lalu, PSI dinyatakan lolos dalam seleksi badan hukum yang dilakukan Kementerian Hukum dan HAM. Dari lima partai politik baru yang mendaftar, PSI menjadi satu-satunya partai politik yang lolos seleksi ketika itu. (Informasi tentang partai ini dapat dilihat di www.psi.id)

Pendaftaran badan hukum partai politik yang berhasil dilalui dengan sukses oleh partai ini meliputi verifikasi kelengkapan dan kebenaran persyaratan.

Lolos pada tahap yang disyaratkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik ini berarti sejak tahun lalu PSI telah memiliki kepengurusan pada setiap provinsi, dan paling sedikit 75 persen dari jumlah kabupaten/kota. (CP/*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan