Berdasarkan penelitian, warna cangkir kopi berpengaruh pada cita rasanya. (CNNIndonesia)

Psikolog: Warna Cangkir Dapat Mengubah Rasa Kopi

JAKARTA,CAHAYAPAPUA.com — Saat ditanya Anda ingin kopi seperti apa? Sebagian dari kita akan menjawab, dengan krim, gula, atau susu. Namun, ada tidak yang meminta warna cangkir tertentu untuk kopi Anda. Sebab, ada alasan ilmiah di balik warna cangkir. Penelitian terbaru menemukan, persepsi kita terhadap rasa pahit kopi dapat berubah tergantung warna wadah yang kita minum.

Dikutip dari laman Medical Daily, warna dan desain produk memengaruhi persepsi konsumen. Seperti yang dialami oleh Louis Cheskin, psikolog yang juga pemasar. Louis meningkatkan penjualan margarin pada 1940. Dia mengusulkan kemasan margarin memakai warna kuning karena lebih mirip dengan mentega.

Saat ini, para peneliti dari Federation University Australia, percaya jika pemilik kafe, dan barista bisa meningkatkan penjualan kopi dan mendapat pelanggan lebih banyak. Hanya dengan mempertimbangkan warna mug mereka.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Flavour tersebut mengambil ide tersebut dari barista. Dua barista mengatakan padanya, saat kopi dikonsumsi dari mug keramik putih rasanya lebih pahit. Barista tersebut menyebut lebih banyak pelanggan mengeluh kopi jadi lebih pahit saat disediakan dalam cangkir keramik putih, daripada cangkir bening.

George Van Doorn, penulis penelitian yang juga dosen psikolog di Federation University Australia, melakukan serangkaian percobaan. Hipotesis itu diuji pada sejumlah relawan. Memang ditemukan, warna putih dapat meningkatkan penilaian intensitas dari rasa relatif kopi. Kesimpulan dari para peneliti, mungkin itu disebabkan oleh kontras dalam warna.

Kopi yang “muncul” dalam cangkir putih lebih terasa pahit saat dicicipi. Efek sebaliknya ditemukan oleh dari kopi yang berada di dalam wadah cangkir bening. Sementara, cangkir biru dapat meningkatkan semuanya, baik manis dan pahit.

“Kedua percobaan itu menunjukkan bahwa warna cangkir memengaruhi peringkat orang pada minuman panas,” kata penulis penelitian tersebut. Hasil penelitian tersebut mendukung  pandangan tentang mempertimbangkan warna cangkir atau gelas saat menyediakan kopi. Warna cangkir dapat memengaruhi multiindra konsumen saat meminum kopi.

“Hasil tersebut meluaskan penelitian yang menyoroti pengaruh warna produk ekstrinsik pada persepsi multiindrawi makanan dan minuman.”

Ini bukan pertamakalinya studi mengeksplorasi persepsi manusia tentang makanan pada karakteristik wadah makanan dan minuman. Pada 2013, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Studies Sensory menemukan cokelat panas memberikan rasa sangat nikmat saat diminum dari cangkir oranye atau krem. Meski begitu, rasa manis dan aroma minuman tidak dipengaruhi oleh warna cangkir. (win/utw/CNN INDONESIA)

Tinggalkan Balasan