Kepala PTSP Kabupaten Sorsel, Ananias Wetaku

PTSP Sorsel Target Keluarkan 61 Izin Tahun Ini

TEMINABUAN, CAHAYAPAPUA.comBadan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) pada tahun 2016 akan menjalankan fungsinya dengan mengeluarkan sebanyak 61 izin. Seluruh izin di Kabupaten Sorsel akan dikeluarkan melalui PTSP dengan rekomendasi SKPD tekhnis.

Demikian disampaikan Penjabat Bupati Sorsel, Derek Ampnir saat pertemuan dengan Tim BPK Perwakilan Papua Barat di ruang rapat Kantor Bupati Sorsel, Rabu (10/2).

Kepala PTSP Kabupaten Sorsel, Ananias Wetaku usai pertemuan dengan BPK tersebut mengatakan, PTSP akan mengeluarkan 61 izin pada tahun anggaran 2016.

Menurut Ananias, PTSP Sorsel hadir menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan yang transparan, mudah, cepat dan murah. Ia mengatakan PTSP telah diberikan pelimpahan kewenangan yang ditandatangani penjabat bupati pada 3 Februari 2016.

“Dengan demikian semua perijinan melalui satu pintu dan akan dilimpahkan ke PTSP dengan melibatkan seluruh SKPD tekhnis untuk memberikan rekomendasi terkait proses perijinan. PTSP hanya membuat ijin, tapi untuk pengawasan dan yang melakukan kegiatannya masih melekat pada SKPD masing-masing,” jelasnya.

“Untuk retribusi perijinan yang dipungutkan kepada pelaku usaha akan mengalami sedikit perubahan, karena pembayarannya hanya melalui Bank. Namun PTSP akan memberikan pengantar yang dilampirkan rekomendasi proses untuk pembuatan perijinan,” terang dia.

Kendati masih menggunakan cara manual, PTSP menargetkan pelayanan perijinan satu pintu sudah bisa efektif mulai pekan depan. Namun sebelumnya PTSP akan menggelar rapat bersama SKPD tekhnis guna membicarakan mengenai perijinan di Kabupaten Sorsel.

Disebutkannya dari 61 perijinan yang akan dikeluarkan PTSP pada tahun anggaran 2016 ini, beberapa diantaranya adalah Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), SIUP, SITU, dan HO.

“Semua perijinan ke depannya hanya melalui satu pintu. Tapi tidak semua ijin yang dikeluarkan dipungut biaya, karena ada juga perijinan yang tidak dipungut biaya,” ungkapnya. |NASIR