Pelatihan olah TKP kecelakaan lalu lintas yang digelar Satuan Lalu Lintas Polres Manokwari di depan Mapolres Manokwari Kamis (15/9).

Puluhan Anggota Polsek se Manokwari Dilatih Olah TKP Lakalantas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Satuan Lalu Lintas Polres Manokwari  menggelar pelatihan kepada sejumlah anggota yang berasal dari Polsek terkait penanganan masalah laka lantas dan cara olah TKP terkait kejadian-kejadian di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Manokwari AKP. Agustina Sineri saat ditemui Kamis (15/9) mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan teori tentang penanganan olah TKP pada masing-masing anggota di setiap Polsek.

“Ketika terjadi kecelakaan yang jauh dari wilayah Polres, anggota Polsek terdekat bisa langsung melakukan olah TKP,” ujarnya.

Dikatakan, pelatihan itu dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme anggota dalam penanganan kasus kecelakaan.

Bukan saja penanganan kecelakaan, pelatihan yang dilakukan selama dua hari itu juga kata Kasat, dilakukan beberapa penanganan seperti tata cara pengurusan Surat Ijin Mengemudi (SIM), cara pengawalan (Patwal) dan cara menilang pengendara yang melanggar rambu lalu lintas.

Peserta terdiri dari 29 orang yang di ambil di setiap Polsek yang ada di wilayah Hukum Polres Manokwari. “Di hari pertama kegiatan ini peserta diberikan pelatihan mengenai pengawalan atau rajawali, kemudian pengurusan SIM. Sementara hari ini dilakukan pelatihan mengenai cara mengolah Tempat Kejadian Perkara TKP Laka Lantas di jalan raya serta cara melakukan tilang,” ujarnya.

Dilakukan kegiatan ini agar meningkatkan profesionalitas anggota Polri sehingga kedepan terdapat kejadian-kejadian anggota tidak bingung lagi menghadapi masalah lalu lintas, dari proses pembuatan SIM, pengawalan bahkan menangani masalah di TKP. (MAR)

Tinggalkan Balasan