Ilustrasi. Foto : Ist

Puluhan Koperasi di Manokwari Mati Suri

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Sedikitnya ada 74 koperasi di Kabupaten Manokwari saat ini dalam keadaan mati suri alias tidak aktif. Tercatat ada 263 koperasi pada tahun 2013. Dari jumlah itu yang masih bertahan sebanyak 189 koperasi.

Ada tiga kendala utama yang membuat koperasi di Manokwari menjadi kurang berkembang. Pertama, proses pendirian yang tidak sesuai kaidah koperasi sehingga manajemen pengelolaanya menyimpang dari prinsip dan nilai dasar koperasi.

Kedua, adanya manipulasi data anggota juga SDM pengurus yang masih rendah. Banyak pengurus koperasi belum memahami prinsip-prinsip dasar perkoperasian. Dan ketiga, rendahnya partisipasi anggota.

Hal itu disampaikan Bupati Manokwari Bastian Salabai saat membuka kegiatan sosialisasi prinsip-prinsip perkoperasian dan pelatihan ukiran industri kayu motif Papua, Kamis (11/12) di ballroom hotel Holiday Park. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perindagkop dan UMKM.

“Untuk mengatasi itu maka sosialisasi ini dilakukan untuk memberi pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip-prinsip perkoperasian itu sendiri. Saya berharap, dengan sosialisasi ini, ke depan koperasi di Kabupaten Manokwari semakin berkembang, “ kata Bupati.

Dalam sosialisasi itu, ada 21 koperasi dari berbagai jenis usaha diundang dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang.

Sementara itu untuk pelatihan ukiran kayu motif Papua diikuti oleh 20 orang pengukir asli Papua. Mereka dilatih oleh seniman ukir Manokwari Eli Krey selama lebih kurang 7 hari.

“Kita membutuhkan SDM di bidang khusus seperti seni ukir Papua ini. Ukiran Papua merupakan bagian dari seni budaya orang Papua yang menjadi jati diri kita orang Papua. Mudah-mudahan, pelatihan ini bisa memperkenalkan budaya orang Papua ke luar daerah, “ lanjut Bupati. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan