Ilustrasi, keracunan makanan

Puluhan Peserta HUT GPdI di Manokwari Keracunan Makanan

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Puluhan warga yang mengikuti HUT Gereja Pantekosta di Indonesia wilayah Manokwari, dilarikan ke rumah sakit umum daerah Manokwari setelah diduga keracunan makanan, Selasa (29/9). HUT GPdI digelar di gedung olahraga Sanggeng, Manokwari.

Peserta diduga keracunan ikan yang disajikan dalam makanan sarapan pagi di tempat penampungan mereka. Ikan, dalam paket makanan tersebut, diduga sudah mulai membusuk, sehingga menyebabkan keracunan. Warga yang didominasi oleh kalangan orangtua telah dilarikan ke RSUD Manokwari untuk mendapat perawatan awal.

“Ada dua puluh lima peserta yang keracunan ikan. Mungkin ikannya sudah tersimpan lama baru mereka beli terus masak, dan mereka rata-rata keracunan dari pagi,” kata Pendeta Wempi Sawaki kepada wartawan di RSUD Manokwari.

Dirinya mengatakan, setelah mengkonsumsi makanan tersebut, puluhan jemaat langsung merasa pusing disertai muntah-muntah. Keluarga para korban langsung bergegas memberikan susu kental manis untuk menteralisir racun, kemudian dilarikan ke RSUD.

“Langkah yang kita mabil pertama kita berdoa terlebih dahulu terus kami memberikan mereka susu kental untuk mereka minum setelah itu baru kami bawa ke rumah sakit,” jelasnya.

Ia mengatakan masalah tersebut akan diselesaikan secara kekeluargaan.“Pihak gereja juga sudah datang dan kita sepakat akan menyelesaikan masalah ini secara internal,” ujarnya. Jemaat atau peserta HUT GPdI yang keracunan tersebut berasal dari Waropen, Papua.

Sementara itu Kepolisian Resor Manokwari telah mengambil beberapa sampel dari para korban keracunan untuk diuji di laboratirum. |ADITH SETYAWAN