Ilustrasi siswa pingsan. Foto: Ist

Puluhan Siswi Pingsan Saat Upacara Sumpah Pemuda di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– 20 lebih siswi SMA di Distrik Prafi, Satuan Pemukiman IV, Manokwari, pingsan dalam upacara HUT Sumpah Pemuda di daerah tersebut, Selasa (28/10). Para siswi dilaporkan pingsan karena terpapar terik matahari dalam upacara yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIT.

Menurut perawat setempat, para pelajar yang rata-rata duduk dibangku Sekolah Menengah Atas daerah tersebut pingsan karena mereka tidak sempat sarapan pagi sebelum berangkat menuju lokasi upacara. Beberapa siswa juga dilapokan baru sembuh dari sakit namun tetap mengikuti upacara. “Padahal daya tahan tubuh mereka masih lemah,” kata perawat setempat yang tak bersedia namanya disebut. Diantara para siswi, ada juga seorang siswa yang pingsan.

Para pelajar yang pingsan tersebut dirawat saat itu juga di tenda-tenda pada lokasi tersebut oleh perawat dan sejumlah relawan dari Palang Merah Indonesia. Mereka diobati memakai minyak kayu putih dan diberi beberapa jenis obat.

Meski telah diobati namun beberapa dari mereka tetap dipulangkan karena kondisi tubuh yang kian melemah. Sebagian lagi akhirnya bisa normal kembali sehingga diperbolehkan untuk kembali mengikuti upacara.

Upacara bendera HUT Sumpah Pemuda di daerah itu rencananya dimulai sekitar pukul 09.00 WIT. Meski begitu, sejumlah siswa dilaporkan telah berada di lapangan sejak pukul 07.00. Upacara baru dimulai sekitar pukul 10.30 WIT setelah Bupati Manokwari Bastian Salabai tiba di lokasi.

Pantauan CAHAYAPAPUA.com, ketika Bupati Bastian sedang membacakan sambutan, sejumlah pelajar Sekolah Dasar akhirnya memilih duduk di dalam barisan karena tidak tahan dengan sengatan matahari.

Selain para pelajar dari tingkat SD hingga SMA, upacara tersebut juga diikuti pemuda karang taruna, PNS lingkup kabupaten Manokwari, Pemuda Pancasila dan Satuan Polisi Pamong Praja. |ADITH SETYAWAN

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

Tinggalkan Balasan