Murid PAUD Kaimana pada puncak peringatan Hari Anak Nasional.

Puncak HAN, orangtua diajak awasi anak dan ajari menabung

KAIMANA, Cahayapapua.com— Peringatan Hari Anak Nasional di Kabupaten Kaimana ditutup dengan kegiatan jalan santai melibatkan ratusan murid PAUD dan TK se-Kota Kaimana, Rabu (2/8/2017). Kegiatan yang mengambil garis star pantai Bantemi dan finish di Air Merah dan dilepas Asisten II Setda Kaimana, Martinus Furima ini, juga diwarnai penyerahan hadiah bagi juara lomba, penyerahan sertifikat serta pemberian 1000 balon impian kepada seluruh anak.

Asisten II Furima dalam sambutannya mewakili Pemerintah Daerah, mengajak para orangtua agar selain mengawasi anak dari pengaruh buruk media sosial, juga wajib menyiapkan tabungan pendidikan bagi anak-anak. Furima bahkan mengarahkan Dinas Pendidikan dan guru PAUD agar mewajibkan setiap anak belajar menabung.

“Hari ini menjadi moment bagi kita semua untuk sekiranya memfokuskan waktu, pikiran dan juga finansial untuk mempersiapkan masa depan anak-anak ini agar menjadi lebih baik. Tentunya para guru mempunyai kiat untuk bagaimana anak-anak kita ini belajar menabung. Dan ini harus ditindaklanjuti para orangtua sehingga kedepan anak-anak ini selain tidak mengalami kendala terkait biaya pendidikan, juga menjadi anak yang gemar menabung,” ujar Furima.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan, Luther Rumpumbo, juga mengingatkan agar orangtua juga ikut mengawasi anak-anak dari perkembangan media sosial. Peringatan ini mengemuka, mengingat perkembangan sosial media dewasa ini yang berdampak buruk pada kehidupan anak-anak. Tugas mendidik anak alnjutnya, tidak hanya menjadi tanggungjawab guru di sekolah, tetapi justru menjadi tanggungjawab penuh orangtua karena waktu terbanyak anak dalam sehari adalah bersama orangtua di rumah.

“Hari Anak Nasional yang kita rayakan ini mengingatkan kita semua bahwa anak itu penting, mereka adalah generasi penerus yang menjadi harapan kita semua. Mereka harus dijaga, diawasi, dididik dan diarahkan dengan baik agar kelak menjadi pribadi yang berkualitas. Mulai saat ini, mari kita awasi anak-anak, jauhkan mereka dari pengaruh buruk sosial media. Pendidikan karakter yang baik memang harus dimulai dari usia dini, saat mereka berada di bangku PAUD dan TK,” ujar Furima.

Kadis Luther juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh guru PAUD dan TK di Kabupaten Kaimana, yang dengan penuh kesabaran, dan dalam keterbatasan fasilitas, mau membimbing, mengarahkan dan membina anak-anak menjadi pribadi yang mandiri. “Terima kasih kepada seluruh bunda-bunda PAUD, yang sudah dengan sabar dan tulus membimbing anak-anak. Kepada orangtua, kami minta maksimalkan pendampingan, jauhkan mereka dari pengaruh buruk media sosial,” pesan Rumpumbo. (isa)

Tinggalkan Balasan