ARUS MUDIK NATAL: Penumpang berdesak-desakan menaiki tangga kapal KM Labobar yang berlabuh di Pelabuhan Manokwari, Kamis (22/12).

Puncak Mudik Natal, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan

MANOKWARI- Ribuan penumpang memadati pelabuhan Manokwari, Kamis (22/12), dalam puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru 2017.

Pantauan Cahaya Papua, ribuan penumpang tersebut hendak berangkat dengan KM Labobar milik PT Pelni, tujuan Sorong, Ternate dan Bitung. Aksi saling dorong terjadi ketika penumpang berjibaku masuk ke kawasan pelabuhan dan hendak naik ke kapal melalui tangga.

Content Sponsored: Kapolda Papua Barat Rayakan Natal dengan Warga Sanggeng

Dalam aksi saling dorong antara penumpang ini, tidak sedikit anak-anak menangis, serta wanita berteriak, lantaran terjepit diantara ribuan pemudik lainnya.

Mengantisipasi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, petugas PT Pelni setempat, dibantu anggota polisi dari Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Manokwari, anggota TNI Angkatan Laut dan Darat, mengutamakan penumpang wanita hamil, anak-anak dan balita serta para lanjut usia.

Selain itu, dua hari yang lalu, jumlah tiket yang di sediakan di loket penjualan tiket di kantor  PT Pelni, untuk puncak arus mudik natal, habis terjual, sehingga sejumlah penumpang lainnya tak kebagian tiket.

Banyaknya penumpang yang ingin menggunakan kapal Pelni membuat tiket cepat habis terjual. Sehingga banyak calon penumpang yang tidak memilki tiket tetap memaksa untuk naik diatas kapal. Akibatanya tidak sedikit dari penumpang tersebut, terpaksa di usir petugas dari barisan  antrian, lantaran tidak membawa tiket.

Kepala Bagian Operasional PT Pelni Cabang Manokwari, M Best Donganan, mengatakan puncak mudik Natal terjadi, mulai hari ini (kemarin), yaitu di kapal KM Labobar. Dengan jumlah penumpang naik sebanyak 2143 orang. Sedangkan jumlah penumpang turun di Pelabuhan Manokwari berjumlah 900 orang.

Lantaran banyaknya calon penumpang yang tidak memeliki tiket, PT pelni terpaksa menambah kouta sekitar 30 tiket. “Jika jumlah tiket cadangan habis terjual, maka jumlah total penumpang yang naik berjumlah 2. 173,” ungkapnya.

Sementara, KM Labobar tiba di Pelabuhan Laut Manokwari, sekitar pukul 18.00 WIT dan di berangkatkan lagi ke Pelabuhan Sorong, sekitar pukul 20.00 WIT. Kapal ini merupakan kapal terakhir untuk mengangkut pemudik. (ONE)

Tinggalkan Balasan