Kabid Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Leonard Rumainum menyerahkan Paket Bantuan Peralatan Kerja dan Obat-obatan kepada petani Distrik Teluk Duairi, Kamis, 28 September 2017.

Punya Dataran Luas, Distrik Naikere pakai Dana Desa buka Perkebunan Pala

WASIOR, Cahayapapua.com— Masyarakat distrik Naikere memanfaatkan dana desa yang bersumber dari APBN untuk pengembangan komoditi pala. Sejak tahun 2016 sebagian besar dana desa dipakai untuk membuka kebun pala. 

“Kita taruh 250 hektar dalam dua tahun dengan mengikutkan 250 KK di sana. Idealnya (satu KK) dua hektar tapi karena baru (mulai) kita kasih satu hektar dulu,” kata Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian dan Pangan Leonard Rumainum di sela-sela pelatihan petani dan pelaku agribisnis di kampung Sobei Indah, Kamis (28/9) lalu.

Leo yang merupakan mantan kepala distrik Naikere mengklaim kesepakatan memanfaatkan dana desa untuk perkebunan pala sudah diambil tahun lalu semasa dirinya masih menjabat sebagai kepala distrik setempat.

Hal ini merujuk pada kondisi wilayah di Naikere yang memang memiliki dataran yang cukup luas dan masih kosong. “Jadi kita fokus ke perkebunan. Lahannya sudah dibuka, bibitnya sudah ada. Pengadaan bibit bukan hanya tahun ini tapi tahun depan juga. Semuanya dibeli pakai dana kampung. Dari dinas  hanya 10 hektar di Wombu,”terang dia. (brv)

Tinggalkan Balasan