Rahmat Sinamur: Karier Politik Bukan Cuma di Eksekutif

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.comBeberapa kabupaten di Papua Barat kedepan terancam tidak akan memiliki wakil kepala daerah. Ini terjadi menyusul pemberlakuan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) no 1 tahun 2014 tentang pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali kota.

“Hanya beberapa kabupaten saja di Papua Barat yang akan didampingi oleh wakil kepala daerah. Karena jumlah penduduknya tidak mencapai 100 jiwa,” kata ketua DPD Partai Amanat Nasional Rahmad Sinamur, Selasa (16/12/2014).

Kendati demikian, bagi Sinamur peluang untuk merebut posisi kepala daerah masih terbuka lebar bagi setiap parpol.

Rahmad berpandangan, karier politik tidak semata berada pada posisi pimpinan tertinggi ditingkat eksekutif.

Menurutnya, karier dilegislatif masih terbuka lebar untuk lima tahun kedepan. “Apalagi Perppu itu kan masih akan digodok oleh DPR RI,”imbuhnya.

Rahmat mengatakan, keputusan DPP PAN beberapa waktu lalu, akan menerima pemberlakukan Perppu yang diajukan SBY diakhir masa pemerintahannya.

Sekaitan pemberlakuan Perppu itu, dari 13 kabupaten/kota di Papua Barat, hanya Kabupaten Sorong, Manokwari, Fakfak dan Kota Sorong yang akan memiliki wakil kepala daerah. Sebab jumlah penduduk di 4 daerah ini lebih dari 100 ribu.|TOYIBAN