rajaampat. (nadinechandrawinata.blog)

SORONG, CAHAYAPAPUA.com Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Unit Pelayanan Teknis Dinas Kawasan Konservasi Perairan Raja Ampat, Selasa (09/02), menggelar diskusi terfokus keberlangsungan hidup satwa pari manta di daerah tersebut.

Kepala BLUD Adrianus Yusuf Kaiba satwa pari manta yang semakin diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat mendorong mereka untuk memastikan populasi satwa tersebut terjaga, “Kami membahas pengelolaan wisata manta berkelanjutan di Raja Ampat,” tuturnya.

Ia mengatakan pemerintah berkewajiban memastikan keberlangsungan satwa pari manta di perairan laut Raja Ampat dari perburuan,agar bisa dinikmati wisatawan sebagai upaya mendorong peningkatan PAD.

“Satwa pari manta sangat langka ditemukan. Indonesia merupakan pariwisata pari manta nomor dua sesudah Jepang,” kata dia. Diskusi tersebut juga mendorong adanya regulasi yang mengatur perlindungan pari manta.

Unsur pemeritah pusat, provinsi, daerah, LSM, TNI/Polri dan akademisi, DPRD, Asosiasi Homestay Raja Ampat, Jaringan kapal rekreasi, para pimpinan klub diving di Raja Ampat hadir dalam diskusi tersebut. |NASIR