DR. Baesara Wael

Raker Bupati/Walikota di Kota Sorong Pekan Kedua Maret

MANOKWARI, Cahayapapua.com- Pemeritah Provinsi Papua Barat merencanakan akan menggelar rapat kerja (Raker) Bupati dan wakil bupati se-Papua Barat pada 10-11 Maret di kota Sorong.

“Untuk Tahun ini kita lakukan terpisah antara rapat kerja dengan musrembang, untuk Rapat kerja kita laksanakan dibulan Maret dan Musrembang di bulan April” kata Kepala Bagian Pemerintahan Umum Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat, Baesara Wael, di Kantor Gubernur, Rabu (2/3).

Dikatakan, Rapat kerja ini nantinya akan membahas kebijakan-kebijakan kepala daerah yang disinkronkan, kemudian dari hasil rapat kerja ini nantinya dibuat dalam bentuk rekemondasi dan dibwa ke Musrembang. Musrembang ini akan dihadiri oleh kepala daerah dan SKPD-SKPD terkait untuk membahas program-prgram pada tahun berikutnya.

Kemudian untuk kepala daerah yang baru terpilih kan akan menyusun RPJM lima tahunnya, jadi peran rakyat dalam musrembang tahun ini sangat berarti baik untuk pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Ditanya soal isu tapal batas apakah akan dibahas di Musrembang, ia mengatakan isu tabal batas ini kan susah-susah gampang, teori dibuku dan perundang-undangan itu sudah jelas. Tapi setelah melihat fakta dilapangan itu ada yang mempengaruhi dengan kondisi sitausi dengan setempat.

“Tapal batas itu garis pelayanan pemeritah, supaya disini menjadi tanggungjawab ini untuk sosial kerja. Tetapi yang menjadi hambatan itu didaerah itu ada sumber daya alam. Ini memang dibutuhkan kebijakan pemerintah provinsi selaku fasilitator. Pemprov dari tahun ke tahun tidak bosan-bosan melakukan koordinasi ke pusat dan kabupaten kota. Yang kita harapkan tidak menjadi konflik dan tidak membuat resah di masyarakat” jelas Baesara. |ARIF TRIYANTO

Tinggalkan Balasan