Gustaf Manuputty
Gustaf Manuputty

Raperda OPD Masih Dikonsultasikan, Bintuni akan Gunakan Perbup

BINTUNI, Cahayapapua.com— Pemda Teluk Bintuni sedang mengkonsultasikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ke Kementerian Dalam Negeri.

Plt. Sekda Kabupaten Teluk Bintuni, Gustaf Manuputy mengatakan sesuai Peraturan Pemerintah No 18 tahun 2016 tentang OPD, Pemda harus memiliki Perda OPD untuk mengatur perangkat organisasi.

Oleh karena itu, apabila Perda OPD belum ditetapkan, maka Pemda akan mengacu pada Peraturan Bupati. “OPD sedang dikonsultasikan ke pusat oleh asisten III. Seharusnya secepatnya sudah bisa diselesaikan dan kita juga konsultasikan ke DPR untuk ditetapkan sebagai perda, namun jika memang ini belum jadi maka kita sementara waktu akan gunakan peraturan Bupati dulu. Itu aturannya satu tahun,” kata Manuputy diruang kerjanya.

Dikatakan, Perbup ini akan mengacu pada PP NO 18 tahun 2016 yang didalamnya mengatur soal anggaran termasuk anggaran untuk masing-masing SKPD berdasarkan tipenya.

“Anggaran operasional, anggaran rutin itu ada didalamnya, termasuk belanja modal. PP ini juga akan mengatur tentang tunjangan insentif pegawai dengan klasifikasi masing-masing yang tentunya nanti akan mengalami perubahan. Apabila pejabatnya berubah, tunjangannya juga akan disesuaikan,” jelasnya.

Selain itu, PP ini juga mengatur tentang penggabungan dan pengurangan SKPD. Sehingga kedepannya Pemda akan merasionalisasikan SKPD sesuai dengan PP tersebut.

“Karena ada beberapa SKPD yang didaftarkan namun tidak terlihat, sehingga dalam penilaian nantinya bisa tidak terpetakan artinya tidak masuk kategori, dan aturan ini semua di daerah harus menyesuaikan,” pungkasnya. (ART)

Tinggalkan Balasan