Rumah Layak Huni (RLH)

Raperdasus Rumah Layak Huni OAP Dikonsultasikan ke Jakarta

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Pemerintah Provinsi Papua Barat menyatakan sedang melakukan konsultasi rancangan peraturan daerah khusus tentang penyediaan rumah layak huni bagi orang asli Papua ke pemerintah pusat di Jakarta.

Kepala Dinas Perumahan Papua Barat HN. Kolondam mengatakan, raperdasus tersebut dikonsultasikan melalui biro hukum pemerintah Papua Barat. Kolondam mengatakan tidak mengetahui persis perkembangan konsultasi tersebut.

“Sampai sejauh ini saya belum koordinasi dengan biro hukum, karena itu ranahnya biro hukum,” kata Kolomdam soal perkembangan konsultasi tersebut kepada wartawan di Manokwari, Selasa (29/9).

Kolomdam mengatakan, setelah melakukan harmonisasi dengan pihak terkait pada Agustus raperdasus itu telah untuk dikonsultasikan dengan pemerintah pusat. Setelah itu raperdasus akan diserahkan ke Balegda DPR Papua Barat untuk dibahas.

“Kita upayakan diakhir tahun ini sudah final, dan disahkan supaya tahun depan sudah bisa fungsikan sebagai dasar hukum dalam pembangunan layak huni bagi orang asli Papua,” tandas Kolondam.

Sebelumnya, Kolondam mengatakan raperdasus pembangunan rumah layak huni merupakan niat baik pemerintah Papua Barat sebagai wujud keberpihakan pemerintah kepada orang asli Papua.

Raperdasus tersebut diharapkan bisa menjawab keinginan msyarakat terutama di daerah pedalaman yang masih tinggal di rumah yang jauh dari standar rumah layak huni. |DINA RIANTI