Ilustrasi. |Lensa Indonesia

Raskin Mau Dihapus, Harga Beras di Manokwari Melonjak

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Pasca dikeluarkan peraturan tentang penghapusan beras miskin atau Raskin, membuat harga beras di pasar Manokwari melonjak tinggi.

Beras berkategori medium yang dihargai Rp 6 ribu hingga 7 ribu naik menjadi Rp 10 ribu hingga 11 ribu.

“Harga beras di pasar naik, setelah ada instruksi penghapusan Raskin,” kata Kepala Sub Divre Manokwari, Zulkarnain Nurdin, baru-baru ini.

Menurut Zulkarnain, kehadiran Raskin sangat membantu perekonomian masyarakat sejauh ini, baik konsumen maupun produsen (petani). Selain itu jika Raskin digantikan dengan uang elektronik (e-money) belum tentu masyarakat bisa menggunakannya dengan baik.

“Karena kalau ada bantuan tunai atau kartu elektronik itu hanya bersifat subjektif saja, mereka diberikan bantuan seperti itu belum tentu mereka membeli beras, bisa dipakai untuk membeli yang lain. Selain itu merek juga akan mendapatkan harga beras yang mahal, jika ada Raskin mereka sudah dikasih harga yang pasti tanpa mengeluarkan biaya tambahan lagi,” jelasnya.

Terkait penekanan harga beras di pasaran, Bulog biasanya menggelar operasi pasar, namun dikarenkan keterbatasan waktu membuat operasi pasar yang digelar tidaklah maksimal.

“Kemarin kita sudah sempat melaksanakan operasi pasar, tetapi tidak maksimal karena waktu yang terbatas, selain itu kami rencana akan menggelarnya di bulan ini tapi masih menunggu instruksi dari Divre Jayapura,” tuntasnya. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan