Ilustrasi Guru Mengajar

Ratusan guru di Wondama terancam kehilangan hak mengajar

WASIOR, Cahayapapua.com— Dari sekitar 600 guru yang ada di Kabupaten Teluk Wondama, sebanyak 540 guru sampai sekarang ini belum mengikuti sertifikasi. Artinya baru 60 orang saja yang sudah mengantongi sertifikat mengajar.

Ratusan guru tersebut terancam kehilangan haknya untuk mengajar di depan kelas jika sampai 2019 mereka belum juga mengikuti tahapan sertifikasi.

“2019 batas sertifikasi guru. Kalau kita tidak lakukan maka 540 dari 600 guru akan degradasi. Ini emergency. Saya minta orang pendidikan perhatikan ini betul-betul,” kata Wakil Bupati Paulus Indubri dalam arahannya pada apel gabungan di lapangan upacara kantor bupati di Isei, Senin (7/8).

Indubri memerintahkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bergerak cepat untuk menuntaskan sertifikasi guru paling lambat pada akhir 2018.

“Dinas pendidikan fokus di situ saja. Sampai 2018 akhir harus tuntas. Kalau tidak maka guru-guru di kampung kita tidak bisa mengajar karena tidak punya sertifikat. Itu tuntutan UU. Guru tidak punya sertifikat berarti tidak layak untuk berdiri di depan kelas,” tandas orang nomor dua Pemkab Wondama ini. (brv)

Tinggalkan Balasan