Kebakaran Lahan Sagu. ilustrasi

Ratusan Hektar Hutan Sagu di Sorong Terbakar

AIMAS, CAHAYAPAPUA.com– Ratusan hektar hutan sagu di Satuan Pemukiman 3 Klalin II Kabupaten Sorong, Papua Barat, terbakar. Api dilaporkan mulai terlihat sejak awal pekan lalu.

Warga setempat melaporkan titik api yang ditemukan di ratusan hektar hutan sagu tersebut jumlahnya cukup banyak. Titik api tersebut disebut berupa spot-spot terbatas.

Meski demikian warga melaporkan titik-titik api tersebut mengakibatkan kabut asap cukup tebal di sekitar daerah tersebut.

Darso, warga setempat mengatakan, api diduga berasal dari pembakaran lahan oleh warga yang menjalar ke dusun-dusun sagu.

Meski titik api ditemukan dalam jumlah banyak, namun dilaporkan tidak ada upaya dari pemerintah setempat untuk memadamkan. Darso menyebut hanya pemilik dusun yang berjibaku untuk memadamkan api.

“Sekarang warga tidak bisa bernapas dengan baik. Asap dari kebakaran hutan sagu itu sangat pekat. Apalagi jarak pandang hanya kira-kira 1 meter saja. Hal itu yang membuat kita semua mengungsi ke tempat yang lebih aman,” ujarnya.

Kebakaran tersebut, menurut Arso telah membuat sejumlah pohon sagu hangus. Ia menyatakan titik api pada beberapa lahan sudah padam. | NASIR