Sekretaris Dinas Pertanian, P. Abraham Wonatorey

BINTUNI, Cahayapapua.com— Lahan sawah baru yang dicetak tahun 2017 di Kabupaten Teluk Bintuni, sudah mulai panen.

Sekretaris Dinas Pertanian, Teluk Bintuni,  P. Abraham Wonatorey, mengatakan lahan sawah baru seluas 100 hektar yang ada di Distrik Tembuni sudah panen perdana, dan telah ditanami kembali. Hasil perhektar rata -rata mencapai 2500 kg perhektar gabah kering panen.

“Kita mendapat kendala disana itu air, langkah yang sudah diambil dinas yakni pembuatan embung sudah, kemudian pipa atau irigasi tertutup sudah jalan, dan juga  dibantu dengan pompa air,” kata Sekretaris di ruang kerjanya, Jumat pekan kemarin.

Dikatakannya, selain itu, ada juga perluasan di Kampung Waraitama seluar 100 hektar, dan Korano Jaya seluas 244 hektar. Dia mengungkapkan proses penanaman telah berjalan baik di Kampung Waraitama, kendati masa tanam tidak serempak, sehingga ada yang sudah lebih awal panen perdana.

“Di Korano Jaya sudah tanam, dan sekarang sedang persiapan panen, karena lahan baru, kita punya kendala di irigasi, jadi kita harus buat lagi irigasi saluran kecil yang menyuplai air ke sawah,” katanya lagi.

Untuk itu, kedepan pihaknya berencana memprogramkan penyediaan irigasi tertutup mengggunakan pipa dan embung serta mesin pompa air. Menurut dia irigasi tertutup lebih efektif, karena jumlah air yang disalurkan tidak banyak yang terbuang.

“Irigasi tertutup lebih hemat dari pada irigasi terbuka, kalau terbuka itu pemborosan, banyak air yang terbuang, airnya tidak sampai sasaran,” katanya lagi.

Soal penambahan perluasan lahan baru di tahun 2018, dia mengatakan belum ada, karena sedang fokus mengoptimalkan lahan yang ada ini. |Arif Triyanto

Leave a Reply