Ratusan Mahasiswa baru (Maba) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari, saat mendengarkan materi dari BNN Wilayah Papua Barat, Selasa (29/8).

Ratusan Maba STIH dibekali “pil anti Narkoba”  

MANOKWARI- Ratusan Mahasiswa baru (Maba) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Manokwari, kembali dibekali pil anti Narkoba alias informasi dampak buruk barang haram tersebut.

Hal itu, terlaksana pada hari pertama kegiatan pengenalan Program Studi dan Pendidikan (P2SP) STIH, tahun ajaran 2017/2018, dengan menghadirkan Badan Narkotika Nasional (BNN) wilayah Papua Barat, sebagai pemateri, Selasa, (29/8).

Ketua Panitia kegiatan, Marius N. Yawa mengatakan, pengenalan kampus ini akan terlaksana hingga Kamis besok. Dan khsusus dihari pertama, ratusan Maba ini, dibekali oleh pemateri dari luar kampus. Yakni selain dari BNN, juga dari Polda Papua Barat, Kodam XVIII Kasuari dan dari DPRPB fraksi Otsus serta LP3BH Manokwari.

“Jadi khusus dari BNN, mereka (Maba, red) ini menerima materi, tentang bahaya Narkoba dan bagaimana cara menghindari penyalahgunaannya,” terang Marius.

Dijelaskan, khusus penyalahgunaan Narkoba, pihak kampus sangat mengharapkan, mahasiswa mampu berpikir cerdas sehingga bebas dari hal tersebut.Dan kata dia, dari rangkaian pembekalan yang diisi oleh para materi, juga menekankan, mahasiswa sebagai agen perubahan diminta sadar akan aturan hukum yang mengikat.

“Masing-masing pemateri tadi berbicara sesuai tupoksinya. Dan semuanya tak terlepas dari soal aturan dan prilaku. Misalnya dari Polda dan Kodam, bicara terkait Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Nah semuanya ini menajdi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan,” katanya.

Selanjutnya, ia menuturkan, selama kegiatan tersebut, seluruh peserta diwajibkan menggunakan perga sebagai jati diri orang papua. “Seperti Noken, di dalam noken di isi, buku, polpen, mangkok, piring, sendok. Dari lima macam benda ini diartikan sebagai Pancasila,”  ucap dia.

Terkahir dikatakan, untuk hari ini dan besok, akan diisi materi seputar internal STIH. Mulai dari bidang, akademik, kemahasiswaan hingga hak dan kewajiban maahsiswa. (tnj)

Tinggalkan Balasan