Tenaga kerja asal China-Pabrik Semen Maruni, Manokwari-Papua Barat (Doc. Cahayapapua)

Ratusan tenaga kerja Tiongkok serbu Manokwari Agustus

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Ratusan tenaga kerja asal Tiongkok diperkirakan akan tiba di Manokwari, Papua Barat, pada Agustus 2017.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Manokwari Abdullah di Manokwari, Minggu, mengatakan sesuai informasi yang ia peroleh, PT SDIC Papua Cement Indonesia akan membangun gedung pabrik baru di Maruni.

“Kabarnya Agustus pembangunan akan dimulai dan kontraktor pemborong pembangunan itu akan mendatangkan tenaga kerja dari Tiongkok dalam jumlah yang besar,” kata Abdullah.

Menindaklanjuti rencana kedatangan tenaga kerja asing (TKA) tersebut, kata dia, kantor Imigrasi sudah menyiapkan langkah pengawasan. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggaran keimigrasian pada pembangunan tersebut.

Menurutnya, pengasawasan akan dilakukan mulai dari Bandar Udara dan Pelabuhan daerah setempat hingga lokasi kerja dan tempat menginap.

“Sejak dulu kami sudah tempatkan petugas baik di bandara maupun pelabuhan. Kita juga sudah membentuk tim pengawas orang asing yang akan melakukan razia secara berkala,” ujarnya menjelaskan.

Operasi gabungan Timpora, lanjutnya, akan dilakukan jika hal itu diperlukan dalam pengawasan dan penindakan tenaga kerja asing di perusahaan tersebut.

Dia menambahkan, kegiatan pengawasan oleh Timpora terus dilakukan secara rutin di lima kabupaten yang menjadi wilayah kerja kantor Imigrasi Manokwari. Selain pabrik semen pengawasan pun di lakukan di lokasi kilang minyak dan gas bumi yang dilakukan BP Tangguh di wilayah Kabupaten Teluk Bintuni.

Pihaknya pun terus mengawasi arus wisatawan asing di sejumlah tempat wisata seperti Taman kupu-kupu di Pegunungan Arfak dan Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang meliputi Kabupaten Teluk Wondama dan Manokwari Selatan.

“Personil kita terbatas, makanya kita merangkul pemerintah daerah, TNI dan Polri untuk bekerja sama secara sinergi,” pungkasnya. (ibn)

 

Tinggalkan Balasan