Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Teluk Bintuni, Emba Rantelino

Realisasi Pembangunan Fisik di Bintuni Terus Digenjot

BINTUNI, Cahayapapua.com—- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Teluk Bintuni, Emba Rantelino mengakui jika daya serap instansi yang dipimpinnya terhadap anggaran masih dibawah 50% sampai pertengahan September ini.

Namun ini terjadi karena di lapangan pembangunan terus berjalan dan pihak ketiga belum menyampaikan laporan administrasi.

“Pada dasarnya penyerapan anggaran di dinas PU memang disesuaikan dengan realisasi di lapangan. Kami tidak berani merealisasi keuangan tanpa disertai realisasi riil di lapangan. Yang sebenarnya terjadi adalah, sejumlah pekerjaan pada dinas PU itu sudah mengalami kemajuan hanya saja belum ditagih. Inilah yang menjadi penyebab serapan terkesan kecil dibanding realisasi waktu yang tersedia” jelas Emba di kantor Bupati Bintuni Senin lalu.

Informasi ini, lanjut Emba sudah disampaikan pihaknya ke dinas keuangan.  Yang dilaporkan pihaknya adalah pada proyek yang memang sudah terbit SP2D-nya. Sementara pekerjaan-pekerjaan masih dalam proses penagihan tidak tercover di dalamnya. “Itulah penyebabnya serapan masih dibawah 50%” katanya lagi.

Emba sendiri berkeyakinan puncak realisasi serapan akan terjadi dalam waktu dekat.  Sementara itu realisasi pembangunan fisik di lapangan, pada umumnya adalah berupa pembangunan dan peningkatan jalan, dengan kemajuan rata-rata 84 persen.

Emba berkeyakinan realisasi akan segera rampung bersamaan dengan penyerapan anggaran perubahan. Namun karena penagihan harus disertai bukti otentik seperti peninjauan lapangan, maka dinas terpaksa menunggu laporan konsultan dan rekap data yang sampai saat ini belum dibuat oleh sebagian besar pihak ketiga.

“Kami tetap optimis dapat mencapai target serapan di atas 70 persen. Kalau ada pekerjaan yang tidak selesai maka harus dibayar sesuai dengan kemajuan-nya saja,”pungkas Emba. (ART)

Tinggalkan Balasan