Ketua DPRPB, Pieter Kondjol (tabloidjubi.com)

Regulasi Pengelolaan Dana Otsus Disosialisasikan kepada Warga

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—- DPR Papua Barat (DPRPB) menggelar kegiatan dialog bersama elemen masyarakat mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, perempuan perempuan, dan tokoh pemuda. Tema dialog tentang Otonomi khusus Papua Barat.

“Disampaikan tentang jumlah berapa dana Otsus yang sudah digunakan sejak 2009 hingga 2016, yang tahap pelaksanaan dalam APBD yang sedang berjalan ini,” kata Ketua DPRPB, Pieters Kondjol belum lama ini.

Selain mensosialisasikan jumlah dana Otsus. Dalam kesempatan ini, para wakil rakyat juga menyapaikan tentang rencana pengelolaan dana Otsus. Yang akan akan diatur melalui sebuah peraturan. Yakni, Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

“Pengelolaan dananya akan lebih terperinci. Seluruh kepala daerah di Papua dan Papua Barat akan diundang. Pertemuan itu akan disampaikan materi pedoman penyusunan APBD Tahun Anggaran 2017. Dana Otsus akan diatur khusus dengan Permendagri,” ujar dia.

Kondjol menambahkan, agenda dialog ini, juga diisi dengan sosialisasi raperdasus syarat dan tata cara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Papua Barat dan raperdasus keanggotaan dan jumlah anggota Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB). Dua raperdasus ini telah diserahkan ke MRPB untuk mendapatkan pertimbangan dan persetujuan.

“Harapannya, sosialisasi ini mendapatkan masukan dari masyarakat sehingga dipahami dan dimengerti dengan baik soal pengelolaan dana Otsus. Sebab sosialisasi tentang penggunaan dana Otsus maupun kegiatan lain yang berkaitan dengan Otsus, selama ini kurang transparan sehingga kurang dimengerti,” pungkasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan