PARTAI DEMOKRAT

Rekomendasi Ketua DPR PB Tertahan, Ini Ancaman Fraksi Demokrat

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—- Ketua Fraksi Demokrat DPR Papua Barat, Aminadap Asmuruf mendesak unsur pimpinan DPR Papua Barat (DPR PB) untuk secepatnya mempertanyakan kembali usulan calon ketua yang telah direkomendasikan Partai Demokrat.

Ia mengatakan Demokrat sebagai partai pemenang Pemilu Legislatif yang berhak memimpin DPR PB telah mengirim nama calon Ketua DPR Papua Barat kepada DPR PB. Namun hingga kini proses tersebut dianggap macet oleh Demokrat.

“Sejauh ini kami masih menunggu, jika tidak (ada respon) maka Fraksi Demokrat akan bersikap dengan langsung membawa tembusan surat pengusulan ketua DPR PB kepada Menteri Dalam Negeri,” tegas Aminadap Asmuruf, Senin, (27/4/2015).

Menurut Aminadap, secara normatif batas waktu yang diajukan hanya 14 hari, tapi sejak partai Demokrat menyurati pimpinan dewan dan diteruskan ke gubernur untuk dilanjutkan ke Menteri Dalam Negeri, sudah memasuki 1 bulan lamanya.

“Sesuai aturan, gubernur hanya melanjutkan saja. Gubernur tidak punya hak untuk menunda apalagi menahan proses pengusulan ketua DPR. Jika ada alasan harusnya gubernur menyurati pimpinan dewan dan disampaikan secara transparan,” ujarnya.

Ditanya soal aspirasi yang menghendaki ketua DPR PB haruslah Orang Asli Papua, Aminadap mengatakan tidak ada dasar yang mengatur soal itu. “Gubernur tidak mempunyai kedudukan didalam Undang – Undang. Kalau harus orang asli Papua, harus jelaskan dasarnya apa,” katanya mengakhiri. |RIZALDY