Bupati Kabupaten Maybrat Karel Murafer. |CAHAYAPAPUA.com | Dina Rianti

Resmi Jabat Bupati Maybrat, Karel Bungkam Soal Nama Pendampingnya

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Bupati Kabupaten Maybrat Karel Murafer, belum mau membuka nama figur yang akan ia pilih untuk mendampinginya menjalankan roda pemerintahan Maybrat dalam 2 tahun kedepan.

“Berdasarkan aturan masih ada 15 hari kedepan, (untuk menentukan nama calon wakil bupati) jadi belum ada. Kalaupun ada itu masih rahasia lah,” kata Karel di Manokwari.

Dalam 15 hari itu, sejak ia dilantik, Karel mengaku akan mencari dan menentukan figur yang yang tepat. Apakah calon figur yang dicari berasal dari kalangan birokrat atau politikus, Karel mengaku masih mencarinya.

Karel Murafer resmi dilantik sebagai Bupati Kabupaten Maybrat menggantikan Bernard Sagrim yang kini telah berstatus sebagai terpidana kasus korupsi dana Bansos di Manokwari, Kamis (8/1/2015). Karel dilantik oleh Gubernur Papua Barat Abraham Atururi. (Baca : Bernard Sagrim Resmi Dicopot dari Jabatan Bupati Maybrat)

Menurut Karel, dalam sisa dua tahun masa kepemimpinannya, ia akan memprioritaskan pembangunan kantor Bupati di Kmurkek dengan anggaran 18 miliar. Selain itu membangun pusat pertumbuhan ekonomi Patigome di segitiga emas kabupaten Maybrat.

Ia juga berjanji akan membangun infrastruktur pertanian, menjaga hutan lindung di daerah itu, termasuk merumuskan konsep yang tepat untuk obyek wisata. Seluruh rencana itu akan dituangkan dalam RTRW Kabupaten Maybrat.

Sementara itu, Bram berpesan agar Karel meningkatkan kualitas layanan publik yang lebih murah, dan menjalin kerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat.

Karel juga diharapkan bertindak bijaksana, termasuk menjalin hubungan kerja dengan DPRD Maybrat, mengedepankan aspek transparansi dan akuntabilitas anggaran pemerintahan.

Bram bahkan menegaskan agar Karel mengutamakan belanja publik ketimbang belanja belanja aparatur dalam APBD Kabupaten Maybrat.

Ia juga diminta mengurangi pengangguran, menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan.

Selain itu dalam sambutan usai pelantikan, Bram mengaku sempat dibuat pusing mengingat gejolak politik di Maybrat yang menimbulkan kericuhan dan perusakan fasililtas pemerintahan pada masa-masa sebelumnya.

Meski begitu, Bram mengatakan, “Saya bangga akhirnya bisa melantik Bupati Maybrat Karel Murafer.” |DINA RIANTI

One comment

  1. Knapa yng awalx ayamaru yng d MK jd ibukota maybrat bsa bralih k kimorkek itu yng jdi tanx besar oleh masarakat

Tinggalkan Balasan